Model pendidikan Islam di Sekolah Puyud Pracharak Provinsi Patani Thailand Selatan
Waehaji, Miss Baldah (2017) Model pendidikan Islam di Sekolah Puyud Pracharak Provinsi Patani Thailand Selatan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Model pendidikan Islam di Sekolah Puyud pracharak (Dusong Blaga Provinsi Pattani Thailand Selatan. Skripsi. Semarang: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah Puyud Pracharak (Dusong Blaga) Provinsi Pattani Thailand Selatan berada dengan proses pembelajaran di sekolah yang lain. Sekolah Puyud Pracharak proses pembelarannya mengedepankan pelajaran berbasis keagamaan. Disana pembelaran umum dilaksanakan setelah pembelaran Agama Islam. Secara realitas banyak sekolah yang mengedepankan pelajaran umum dan di imbangi dengan pelajaran agama. Namun, di sekolah Puyud Pracharak memiliki Model yang berbeda. Inilah mengapa penelitian tertarik untuk meneliti sekolah di Puyud Pracharak. Yang terjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana model pendidikan agama Islam di Sekolah Puyud Pracharak (Dusong Blaga), Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam Model pendidikan agama Islam di Puyud Pracharak (Dusong Blaga). Peneleti ini bertujuan mendeskripsikan dan mengnalisa secara kritis tentang model pendidikan di sekolah Puyud Pracharak (Dusong Blaga) serta factor pendukung dan penghambat dalam model pendidikan agama Islam di sekolah Puyud Pracharak (Dusong Blaga).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Sekolah PuyudPracharak (Dusong Blaga). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengmatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemmeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triagulasi dengan dua modus yaitu triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunnjukkan: (1) Model pendidikan Islam di sekolah Puyud Pracharak (Dusong Blaga) meliputi dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, Kurikulum pendidikan Agama Islam meliputi (Sejarah, Bahasa Arab, Al-Quran, Fiqih, Tafsir Hadits, Nakhu Shorof, Tauhid, Akhlak), metoddoligi pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi (Tanya Jawab, Diskusi, Hafalan, Kisah, Latihan), serta evaluasi pelaksanaan model pendidikan agama Islam menggunakan evaluasi pendahuluan atau pre tes, evaluasi formatif, evaluasi sumatif. (2) faktor pendukung dan penghambat, yang menjadi factor pendunkung adalah semua guru ikut membangun dan membantu model pendidikan agama Islam dan peserta didik selalu memberikan pesan baik kepada sekolah. Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah bebrapa guru tidak mengikuti penelitian dalam pembuatan kurikulum dan kurang efektiktifnya proses pembelajaran dengan banyaknya siswa yang tidak tinggal di asrama sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pendidikan Islam; Sekolah Puyud Pracharak; Thailand |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 03:09 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 03:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7618 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year