Efektivitas penggunaan metode make a match berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih materi puasa ramadhan kelas III di MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017

Hasanah, Lisa Dzawil (2017) Efektivitas penggunaan metode make a match berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih materi puasa ramadhan kelas III di MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911023.pdf]
Preview
Text
133911023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Make A Match Berbantuan CD Pembelajaran terhadap keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Fiqih di kelas III MI Futuhiyyah Mranggen.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas III A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes.

Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas III B (kelas eksperimen) adalah 81,92 dengan standar deviasi (s) 10,40 sementara rata-rata nilai kelas III A (kelas kontrol) adalah 71,92 dengan standar deviasi (s) 8,84.

Dari analisis data akhir diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Make a match; Pembelajaran fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:01
Last Modified: 05 Jun 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics