Metode pendidikan akhlak anak pada aspek sosial dalam perspektif sirah nabawiyah
Madiyoh, Miss Asana (2017) Metode pendidikan akhlak anak pada aspek sosial dalam perspektif sirah nabawiyah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
1503016147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan anak merupakan tanggung jawab yang dibebankan kepada kedua orang tua dan sekaligus menjadi amanat yang dipikulkan dia atas pundak para pendidik. Kelak, Allah akan meminta pertanggungjawaban mereka di hari kiamat dan akan menanyai mereka perihal apa saja yang telah mereka lakukan. Oleh karena itu, banyak orang tua berada dalam kondisi yang serba membigungkan, terutama dalam segi pertanggungjawaban ini. Mereka bingung menyikapi bagaimana agar berhasil dalam pendidikan anak-anak mereka yang memilih bakat dan kecenderungan yang berada. Lebih-lebih dalam menghadapi kesulitan untuk mendapatkan metode pendidikan yang tepat. Di samping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pendidikan akhlak anak pada aspek sosial? (2) Bagaimana metode pendidikan akhlak anak pada aspek sosial dalam perspektif sirah nabawiyah? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang dilaksanakan untuk mengetahui metode pendidikan akhlak anak pada aspek sosial dalam perspektif sirah nabawiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, dokumen dan internet yang dapat mendukung kajian penelitian.Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis interpretasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan akhlak anak merupakan tanggung jawab para orang tua dan guru. Untuk mensukseskan pendidikan akhlak ini, seorang anak selayaknya menemukan teladan baik di hadapannya, baik di rumah maupun di sekolah. Sehingga, teladan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupannya. Maka pendidikan akhlak anak pada aspek sosial
adalah pendidikan akhlak anak terhadap orang tua, pendidikan akhlak anak terhadap guru, dan pendidikan akhlak anak terhadap tetangga (orang lain). (2) Metode pendidikan akhlak anak merupakan tanggung jawab yang dibebankan kepada kedua orang tua dan sekaligus menjadi amanat yang dipikulkan dia atas pundak para pendidik. Maka pendidikan akhlak anak pada aspek sosial dalam perspektif sirah nabawiyah yaitu melalui metode teladan yang baik, metode cerita dan hikayat, metode dialog dan metode pengalaman praktis. Dengan demikian anak dibiasakan melakukan kebaikan. Pergaulan anak juga harus diperhatikan. Terlepas dari itu semua orang tua mempunyai kewajiban menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan yang tidk di dapatkan dari pendidikan keluarga dan menjadi bekal dalam mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak; Aspek sosial; Sirah Nabawiyah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 02:35 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 02:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7657 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year