Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik di MTs Nu 02 Al-Ma’arif Boja Kendal
Ariyanto, Ariyanto (2013) Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik di MTs Nu 02 Al-Ma’arif Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083311029_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083311029_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
083311029_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (195kB) | Preview
083311029_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
083311029_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
083311029_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083311029_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan(1) untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam membentuk Akhlak terpuji peserta didik. (2) untuk mengetahuai peranan guru BK dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini data peneliti yang ingin peneliti ingin gali yaitu kata-kata tertulis dari guru bimbingan konseling dan peserta didik yang nantinya akan peneliti gunakan untuk menjawab permasalahan yang peneliti ajukan dalam rumusan masalah. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Permasalahan dalam penelitian ini ada 2 yaitu (1) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Akhlak terpuji peserta didik yang meliputi bidang-bidang pelayanan BK, jenis BK, jenis layanan BK, bidang pelayanan BK dan kegiatan pendukung BK. (2) peranan guru BK dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Akhlak Terpuji peserta didik yang meliputi BK sebagai faktor pembentukan akhlak kepada Allah SWT, kepada Rasulullah saw, kepada kedua orangtua dan kepada diri sendiri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja sudah terlaksana dengan baik namun yang menjadi kendala adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, jumlah guru BK yang sedikit serta antusias peserta didik yang sangat minim dalam Bimbingan dan Konseling.Peranan guru BK di MTs Boja juga sudah baik, peranan guru BK diantaranya yaitu guru berperan sebagai pembimbing, sebagai contoh dan sebagai penasehat. Peranan bimbingan dan konseling dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik di MTs Boja(1)peranan BK dalam pembentukan akhlak peserta didik kepada Allah dan rasul Nya yaitu meningkatnya iman dan taqwa peserta didik kepada Allah dan rasul Nya, (2) peranan BK dalam pembentukan akhlak peserta didik kepada kedua orangtua yaitu meningkatnya kepatuhan dan rasa kasih sayang peserta didik kepada kedua orang tuanya, (3)peranan BK dalam pembentukan akhlak peserta didik kepada masyarakat yaitu meningkatnya rasa saling bantu-membantu dan bergotong royong dikalangan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling; Akhlak; Peserta Didik |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 07:49 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/777 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year