Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017
Andrayani, Anik (2017) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Anik Andrayani___123811019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Biologi. Rendahnya prestasi belajar siswa
dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya
tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini
dilakukan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah ada pengaruh
tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran
biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan tahun pelajaran
2016/2017 (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar mata pelajaran biologi kelas XI SMA Muhammadiyah 5
Todanan tahun pelajaran 2016/2017 (3) Apakah ada pengaruh tingkat
pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan
tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan teknik analisis asosiatif. Data dikumpulkan dengan
angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil
analisis regresi berganda diperoleh persamaan Ȳ = 40,430 + 1,362 X1 +
0,328 X2 . Uji parsial (Uji t) diperoleh t hitung variabel pengaruh tingkat
pendidikan orang tua = 3,766 sehingga Ha X1 terhadap Y diterima.
Variabel pengaruh motivasi belajar diperoleh t hitung = 5,759, sehingga
Ha X2 terhadap Y diterima. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung =
35,864, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Variabel X1 dan X2
secara simultan berpengaruh terhadap Y sebesar 54,2%. Simpulan dari
penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial
maupun simultan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 23 May 2018 08:51 |
Last Modified: | 23 May 2018 08:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7819 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year