Efektivitas pembelajaran inquiry berbantu LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTsN 1 Semarang

Nisarohmah, Nur Ilmia (2017) Efektivitas pembelajaran inquiry berbantu LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTsN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi
oleh peserta didik kelas VIII. Berdasarkan wawancara dari guru
pengampu mata pelajaran matematika di MTsN 1 Semarang, bahwa
peserta didik belum mampu memahami, mencermati perintah soal,
menentukan strategi penyelesaian, menerjemahkan soal kehidupan
sehari-hari kedalam model matematika, melakukan perhitungan dan
penggunaan simbol positif negative. Hal tersebut membuktikan bahwa
kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem
persamaan linier dua variabel masih rendah.
Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini bertujuan
mengetahui keefektifan pembelajaran inquiry berbantu lembar kerja
peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemecahan masalah
peserta didik kelas VIII pada materi sistem persamaan linier dua
variabel di MTsN 1 Semarang. Penelitian menggunakan metode
eksperimen berdesain posttest only control design. Sampel dari
kelompok eksperimen adalah kelas VIII D dan kelompok kontrol adalah
kelas VIII C yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling.
Data dianalisis menggunakan uji t-test antara kelas eksperimen
yang menggunakan pembelajaran inquiry berbantu LKPD dan kelas
kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik
dalam pembelajaran dengan inquiry sebesar 73,125 dan pada kelas
kontrol memperoleh rata-rata 64,4375. Hasil perhitungan uji-t
diperoleh dan dengan taraf signifikansi
5%. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan
masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
Perhitungan rata-rata kelas eksperimen diperoleh . Hasil
uji ketuntasan belajar, kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih
vii
dari 70. Hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah peserta
didik yang menggunakan pembelajaran Inquiry berbantu LKPD
mencapai KKM.
Berdasarkan uji t-test dan uji ketuntasan belajar tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry berbantu LKPD dilakukan
pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang efektif daripada kelas
kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa
pembelajaran inquiry berbantu LKPD efektif terhadap kemampuan
pemecahan masalah peserta didik kelas VIII materi sistem persamaan
linier dua variabel di MTsN 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Inquiry; Kemampuan pemecahan masalah; Persamaan Linier; Dua Variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:00
Last Modified: 25 May 2018 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics