Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang
Damayanti, Emilia Tanjung (2017) Analisis miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
PDF.LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (19MB) | Preview
Abstract
pembelajaran kimia materi stoikiometri sulit dipahami dan
sering terjadi miskonsepsi. Jika miskonsepsi tersebut tidak
dikoreksi atau dilakukan perbaikan maka mengakibatkan konsep
kimia selanjutnya akan berpeluang mengakibatkan miskonsepsi
juga. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi
miskonsepsi yang dialami peserta didik SMA kelas X dalam materi
stoikiometri. Sampel penelitian adalah 31 peserta didik kelas X
IPA 8 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang telah
memperoleh materi stoikiometri. Tes yang digunakan adalah tes
diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan dan disertai kolom
tingkat keyakinan (CRI). Miskonsepsi peserta didik diidentifikasi
menggunakan metode CRI termodifikasi. Selain itu, dilakukan
wawancara untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik lebih
dalam. Wawancara dilakukan pada 9 peserta didik yang
mempunyai skor yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persentase rata-rata peserta didik mengalami miskonsepsi
sebesar 17,25 %. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik
yaitu pada konsep massa atom relatif, persamaan reaksi, hukum
Lavoisier, hukum Proust, hukum Dalton, hukum Gay-Lussac,
rumus molekul, volume gas pada keadaan STP, dan pereaksi
pembatas. Jenis miskonsepsi baru yang ditemukan penulis yaitu
peserta didik memahami bahwa massa molekul relatif senyawa
hidrat adalah hasil kali antara massa molekul relatif senyawa
dengan massa molekul relatif air hidratnya. Analisis miskonsepsi
menggunakan metode CRI termodifikasi perlu adanya wawancara
mendalam (depth-interview) untuk memastikan seorang peserta
didik benar-benar paham, tidak paham, atau mengalami
miskonsepsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Pemahaman Konsep; Stoikiometri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 28 May 2018 07:01 |
Last Modified: | 28 May 2018 07:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7841 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year