Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis game win redoks pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang

Safitriyani, Siti (2017) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis game win redoks pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 10. LENGKAP.pdf]
Preview
Text
10. LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh adanya
pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan
serta kebutuhan peserta didik. Di era modern telah banyak
dikembangkan game-game edukasi untuk pembelajaran. Game
pembelajaran dikembangkan pada materi konsep reaksi reduksi dan
oksidasi sehingga peserta didik dapat belajar sambil bermain. Penelitian
ini bertujuan (1) membuat dan mengembangkan media pembelajaran
berbasis game win redoks pada materi pokok “konsep reaksi reduksi
dan oksidasi” untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang”, (2)
mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia pada materi pokok
“konsep reaksi reduksi dan oksidasi” untuk peserta didik kelas X MAN 2
Semarang”.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research
and Development (R n D), dengan model Sugiyono yang meliputi potensi
masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi
desain, uji coba produk revisi produk, produk. Media pembelajaran berbasis
game interaktif yang diberi nama game win redoks ini berisi tentang materi
konsep reaksi reduksi dan oksidasi. Game tersebut diaplikasikan dalam
bentuk aplikasi android. Uji kelayakan game win redoks didasarkan pada
hasil belajar dan pemahaman peserta didik Kelas X MAN 2 Semarang yang
telah membantu dalam penggunaan game win redoks dan memberikan
tanggapan terhadap game tersebut. Hasil belajar kognitif peserta didik
termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar (N-gain)
0,67. Hasil belajar aspek afektif sebanyak 82,33% termasuk kategori sangat
baik, sedangkan hasil tanggapan peserta didik sebanyak 77,40% termasuk
kategori baik, sehingga game interaktif ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran alternatif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran kimia; Game interaktif; Reaksi reduksi dan oksidasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 28 May 2018 07:05
Last Modified: 28 May 2018 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics