Pengembangan media pembelajaran kimia dengan materi pokok larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang

Fastaqima, Fina (2017) Pengembangan media pembelajaran kimia dengan materi pokok larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Fina Fastaqima___133711058.pdf]
Preview
Text
Fina Fastaqima___133711058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai
salah satu media pembelajaran yang telah banyak digunakan,
terutama pada ilmu sains. Banyak media internet khususnya
website yang menyuguhkan berbagai materi pembelajaran, tetapi
terkadang materi yang disajikan kurang dapat
dipertanggungjawabkan, sehingga sering membuat kesalahan
informasi yang didapat oleh peserta didik. Media pembelajaran
berbasis website pada materi pokok larutan penyangga
dikembangkan berdasarkan pendekatan saintifik sehingga peserta
didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan
disesuaikan dengan kebiasaan yang mereka lakukan. Penelitian ini
memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana cara mengembangkan
media pembelajaran kimia larutan penyangga berbasis website
sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang
(2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran kimia larutan
penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik
kelas XI SMA N 13 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan
Research and Development (R & D), dengan model Thiagarajan
yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan
develop (pengembangan). Kelayakan media pembelajaran
didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, pendidik
kimia SMA, serta tanggapan peserta didik terhadap media
pembelajaran berbasis website. Hasil penilaian ahli materi
sebanyak 66,67% termasuk kategori baik. Hasil penilaian ahli
media sebanyak 86,1% dengan kategori sangat baik. Hasil
penilaian pendidik kimia SMA sebanyak 79,1% dengan kategori
baik. Hasil angket tanggapan peserta didik adalah 76,67% dengan
vii
kategori baik. Berdasarkan hasil yang telah didapat tersebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website layak
digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Website; Larutan Penyangga; Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:28
Last Modified: 06 Jun 2018 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics