Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang
Anggraeni, Fima Diah Rovvy (2017) Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi dengan teka teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas XI semester I di SMA negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB) | Preview
Abstract
Media merupakan salah satu alat untuk membantu jalannya proses pembelajaran. Media yang digunakan di SMA N 7 Semarang masih monoton berupa buku dan LKS, media yang ada dianggap masih memiliki kelemahan dari segi penyajian isi, gambar dan meningkatkan minat siswa, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menunjang pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Hal yang telah dipaparkan memunculkan penelitian berupa Mengembangkan Buku Bergambar Bertekstur dilengkapi Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI Semester 1 di SMA Negeri 7 Semarang. Latar belakang yang tersebut menjadi dasar pembuatan rumusan masalah bagaimana kelayakan media yang dikembangkan dinilai oleh ahli (materi, media dan guru) didukung dari segi efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan media dalam pembelajaran kelas. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Model 4-D Thiagarajan menggunakan beberapa tahapan diantaranya Define meliputi analisis ujung depan, analisi konsep, dan analisis tujuan belajar. Tahap Design meliputi pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal produk. Tahap Develop meliputi penilaian validasi ahli meliputi ahli materi, ahli media dan guru serta uji lapangan. Tahap Dessiminate vi
yaitu dengan melakukan sosialisasi media pembelajaran kepada sasaran pengguna (Tahapan ini tidak dilakukan). Hasil penelitian adalah berdasarkan penilaian ahli materi media memiliki kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 90,9%, penilaian menurut ahli media masuk dalam kriteria layak (Sangat Baik) dengan presentase 85,5% dan penilaian menurut guru pengajar masuk dalam kategori layak (Sangat Baik) dengan presentase 98,48%. Keefektifan media terhadap nilai siswa masuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata nilai siswa uji coba 6,77 dibandingkan dengan rata-rata nilai siswa kontrol 5,70. Uji keterbacaan media setelah penggunaan dalam pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 86,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar; Media pembelajaran; Bahan ajar; Pembelajaran biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 08:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7850 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year