Analisis soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom

Lailiyah, Sunatul (2017) Analisis soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611033.pdf]
Preview
Text
113611033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menemukan pola pada tingkatan
kognitif soal Ujian Nasional IPA Bidang Fisika SMP/MTs tahun ajaran
2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Studi ini
dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana hasil analisis
soal Ujian Nasional IPA Bidang Fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014
dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Permasalahan tersebut
dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari naskah soal
ujian nasional IPA bidang fisika SMP/ MTs tahun 2013/2014 dan
2014/2015 dan jurnal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal Ujian Nasional mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bidang Fisika, dapat disimpulkan
bahwa tingkat kognitif soal Ujian Nasional tahun 2013/2014 Mengingat
(C1) tidak ditemukan, Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3),
Menganalisis (C4) terdapat pada 4, 7 dan 6 butir soal, Mengevaluasi (C5)
dan Mencipta (C6) tidak ditemukan. Untuk presentase ranah kognitif pada
soal adalah C1 0%, C2 23,53%, C3 41,18%, C4 35,29%, C5 0%, dan C6 0%.
Sedangkan tingkat kognitif untuk soal Ujian Nasional 2014/2015
Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4)
sebanyak 1, 5, 4 dan 7 butir soal. Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6)
tidak ditemukan. Untuk presentase soalnya adalah C1 5,88%, C2 29,41%,
C3 23,53%, C4 41,18%, C5 0% dan C6 0%.
Tidak adanya Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6) pada soal Ujian
Nasional tahun 2013/2014 dan 2014/2015 dikarenakan pada kemampuan
berfikir peserta didik di jenjang pendidikan menengah pertama belum
sampai pada soal yang membutuhkan analisis tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ujian nasional; Taksonomi Bloom; Soal ujian; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 07 Jun 2018 05:54
Last Modified: 15 Dec 2021 11:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics