Pengembangan modul fisika kelas XI MA bercirikan integrasi sains dan Islam pada materi usaha dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, impuls dan tumbukan

Khabibah, Vetty Nur (2017) Pengembangan modul fisika kelas XI MA bercirikan integrasi sains dan Islam pada materi usaha dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, impuls dan tumbukan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123611029.pdf]
Preview
Text
123611029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul fisika kelas XI MA bercirikan integrasi sains dan Islam pada materi usaha dan energi, hukum kekekalan energi, momentum, impuls, dan tumbukan baik di toko buku maupun sekolah di daerah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk: Menghasilkan modul fisika kelas XI MA berbasis integrasi sains dan Islam pada materi usaha dan energi, hukum kekekalan energi, momentum impuls dan tumbukan dan mengetahui kualitas modul fisika tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang batasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist.

Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi sains dan Islam. kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan modul untuk ahli materi skor 3,9 persentase kelayakan 79%, untuk ahli media skor 3,8 persentase kelayakan 75%, dan untuk ahli integrasi sains dan Islama skor 4,0 persentase kelayakan 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku ajar; Modul Fisika; Integrasi Sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:24
Last Modified: 15 Dec 2021 10:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7863

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics