Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi asam dan basa kelas XI di MAN Kendal
Shofwunnada, Shofwunnada (2017) Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi asam dan basa kelas XI di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133711014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang menghasilkan produk berupa modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Namun tidak semua tahap dilakukan. Penelitian ini dibatasi hingga uji coba kelas kecil. Mulai dari analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain modul, validasi modul, revisi (1), uji coba modul kelas kecil, revisi (2), dan terakhir didapatkan modul (final). Pengembangan modul ini berpijak pada karakteristik peserta didik yang lebih suka belajar mandiri dan kondisi real yang tejadi di MAN yaitu pendidik belum mengaitkan ilmu kimia dengan ilmu agama ataupun dengan ilmu lainnya. Adanya dikotomi ini coba untuk diminimalisir dengan paradigma unity of sciences. Paradigma unity of sciences adalah kesatuan dari beberapa ilmu dan bersumber hanya dari Allah, perlu diterapkan. Apalagi di MAN yang seharusnya ilmu keislaman lebih kental daripada SMA/SMK. Pembuatan modul ini merupakan hasil dari penyebaran angket dan wawacara, meliputi konten yang diinginkan oleh peserta didik di dalam modul, ukuran modul, dan materi yang dianggap sulit. Modul yang sudah didesain lalu dilakukan uji validasi kepada validator ahli. Setelah dilakukan perbaikan yang merupakan saran dari validator lalu diuji coba pada kelas kecil yang terdiri dari 9 peserta didik. Modul ini dinyatakan sangat valid dengan rata-rata nilai dari validator sebesar 90%, uji keterbacaan modul sebesar 94% yang artinya tidak perlu direvisi, lalu hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 80,41% yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil yang sudah dicapai maka modul ini dinyatakan layak dan dapat diteruskan pada tahap selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Bahan ajar; Unity of sciences; Integrasi sains dan Islam; Asam basa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 01:42 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 01:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7875 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year