Studi Korelasi Antara Kreativitas Guru PAI dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Demak
Nursalim, Eko (2009) Studi Korelasi Antara Kreativitas Guru PAI dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Demak. Masters thesis, IAIN Walisongo.
EkoNursalim_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (195kB) | Preview
EkoNursalim_Tesis_Coverdll.pdf - Submitted Version
Download (129kB) | Preview
EkoNursalim_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (36kB) | Preview
EkoNursalim_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (268kB) | Preview
EkoNursalim_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam proses belajar mengajar karena guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas.
Penelitian tesis ini berjudul studi korelasi antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Demak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa, hubungan antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa dan hubungan antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa secara bersama-sama.
Dalam penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Demak yang berjumlah 240 siswa. Selanjutnya diambil sampel 15 % dari keseluruhan jumlah populasi, sehingga diperoleh 36 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuisioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum instrumen diujikan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, sehingga instrumen yang diujikan benar-benar valid dan reliabel. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 13.00 for windows.
Adapun hasil uji penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut.
Hasil penelitian pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa, yaitu diketahui rx1y = 0,461 dengan taraf signifikansi 0,01 (r tabel = 0,424) dan memberikan sumbangan efektif sebesar 22%, artinya semakin tinggi tingkat kreativitas guru PAI maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa, yaitu diketahui rx2y = 0,458 dengan taraf signifikansi 0,01 (r tabel = 0,424) dan memberikan sumbangan efektif sebesar 21%, artinya semakin tinggi tingkat kemampuan mengelola kelas maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ketiga sebagai jawaban hipotesis yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai uji F yaitu 6,792 dengan taraf signifikansi 0,01 (F tabel = 2,904), dan pada uji regresi berganda diperoleh nilai regresi (Freg) yaitu 5,216 dengan taraf signifikansi 0,05 (F tabel = 3,287) dan memberikan sumbangan efektif sebesar 25% terhadap peningkatan prestasi belajar PAI siswa, artinya semakin tinggi tingkat kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Demak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru; Manajemen Kelas; Prestasi Siswa; Teacher Creativity; Class Management; Student Achievement |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 21 Sep 2013 05:01 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 01:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year