Strategi pemasaran berbasis syariah pada program pegadaian Amanah di Pegadaian Cabang Sukorejo

Asfuri, Asfuri (2018) Strategi pemasaran berbasis syariah pada program pegadaian Amanah di Pegadaian Cabang Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411029.pdf]
Preview
Text
112411029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya finance dalam menyediakan jasa pembiayaan kredit barang menjadikan persaingan usaha semakin kompetitif dan setiap lembaga finance berlomba untuk menawarkan satu produk dan kemudahan dalam melakukan pembiayaan. Setiap perusahaan akan melakukan strategi bisnis dan strategi pemasaran dengan tepat. Pegadaian syariah Sukorejo mengeluarkan program pegadaian amanah untuk mengakomodir pelanggan dalam memiliki kendaraan bermotor dengan sistem syari’ah yang berbeda dengan finance konvensional lain. Strategi yang berbasis syariah menjadikan produk ini banyak menarik minat konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sistem program pegadaian amanah di Pegadaian Sukorejo? 2) Bagaimana pemasaran berbasis syari’ah pada program pegadaian amanah di Pegadaian Sukorejo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer yaitu pimpinan Pegadaian Sukorejo dan manajer program pegadaian amanah di Pegadaian Sukorejo dan sumber data sekunder berupa wawancara dengan karyawan dan konsumen program pegadaian amanah di Pegadaian Sukorejo. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, sistem program amanah di Pegadaian Sukorejo merupakan pembiayaan murabahah kendaraan bermotor dengan akad wakala dan proses pengajuan yang cepat dan mudah, dimana nasabah dapat membeli mobil atau motor baru dengan cara angsuran dan uang mukanya yakni 10-20 persen. Biasanya kan dengan sistem bagi hasil hanya 1 persen. Kedua, Pemasaran berbasis syari’ah pada program amanah Pegadaian Sukorejo dilakukan dengan melaksanakan view market universally (segmentation), target customer’s heart and soul (targeting), build a belief system (positioning), differ yourself with a good package of content and context (differentiation) , strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), strategi promosi (promotion), strategi sumber daya manusia (people) dan strategi proses (process). Strategi pemasaran berbasis syariah yang dikembangkan program Amanah di pegadaian Sukorejo mengandung unsur terbebas dari riba karena terdapat kesepakatan di awal, strategi pemasaran harus terbebas dari sikap memaksa dan menekan, senantiasa terbebas dari tipu daya, terbebas dari najasy (iklan/promosi palsu), selalu mencerminkan sikap adil dan jujur tanpa adanya kecurangan, kezaliman, dan bersaing secara sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran syariah; Pegadaian Amanah; Pegadaian syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:24
Last Modified: 19 Jul 2021 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics