Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru Al-Qur’an Hadits terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Semarang 1 Tahun Pelajaran 2011/2012
Mulyono, Eko (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru Al-Qur’an Hadits terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Semarang 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111011_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (655kB) | Preview
083111011_BAB1.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
083111011_BAB2.pdf - Accepted Version
Download (543kB) | Preview
083111011_BAB3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083111011_BAB4.pdf - Accepted Version
Download (572kB) | Preview
083111011_BAB5.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
083111011_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “1). Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits di MAN Semarang 1 tahun ajaran 2011/2012. 2). Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Semarang 1 tahun ajaran 2011/2012. 3). Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1 tahun 2011/2012?”
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, yang terdiri atas kelas XI MAN Semarang 1, menggunakan teknik Random Sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu prediktor dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa: setelah melakukan uji coba angket yang berjumlah 81 soal yang terdiri dari 50 soal untuk persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits dan 31 soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1 pada mata pelajaran al-qur’an hadits, maka diperoleh 54 soal yang dinyatakan valid dan reliabel yang terdiri dari 30 soal untuk persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits dan 24 soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1 pada mata pelajaran al-qur’an hadits. Dari masing-masing variabel diambil untuk variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits, 30 item soal dan variabel motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1, 24 item soal yang valid reliabel dan instrumen tersebut dibagikan kepada 60 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits sebesar 99 dan berada pada interval 99 – 101.
Motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1, termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1 sebesar 95 dan berada pada interval 93 – 95.
Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi sebesar 20,70835411. Berdasarkan tabel regresi diketahui bahwa untuk derajat kebebasan (db) = 58, Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,00 dan 1% = 7,08. Maka nilai Ftabel sebesar 20,70835411 lebih besar daripada, Ftabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits dan variabel motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang 1, pada taraf signifikansi 1% dan 5% keduanya menunjukkan signifikan, berarti variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru al-qur’an hadits berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas XI MAN Semarang pada mata pelajaran al-qur’an hadits tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Al-Qur’an Hadits; Motivasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 06:31 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 06:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/799 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year