Konstruksi Keilmuan Integrasi-Interkoneksi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muhtadin, Muhtadin (2012) Konstruksi Keilmuan Integrasi-Interkoneksi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111098_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111098_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 083111098_BAB1.pdf]
Preview
Text
083111098_BAB1.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 083111098_BAB2.pdf]
Preview
Text
083111098_BAB2.pdf - Accepted Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 083111098_BAB3.pdf]
Preview
Text
083111098_BAB3.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 083111098_BAB4.pdf]
Preview
Text
083111098_BAB4.pdf - Accepted Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 083111098_BAB5.pdf]
Preview
Text
083111098_BAB5.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 083111098_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111098_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (83kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas konstruksi keilmuan integrasi- interkoneksi
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kajiannya
dilatarbelakangi oleh problem epistemologi pendidikan Islam dikotomik yang
sudah menyejarah dan makin menjangkit ke hampir semua lembaga pendidikan
Islam yang ada saat ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
bagaimana konstruksi keilmuan integrasi- interkoneksi Universitas Islam Negeri
(UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi
pustaka (library research). Untuk sumber data diperoleh dari literatur atau buku
yang terkait dengan paradigma keilmuan integrasi- interkoneksi UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta melalui studi pustaka.. Semua data dianalisis dengan metode
analisis isi (Content Analysis).
Kajian ini menunjukkan bahwa konstruksi keilmuan integrasi- interkoneksi
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan
konstruksi keilmuan yang utuh dan masing-masing aspek memiliki peran untuk
saling menguatkan konstruksi keilmuannya. Aspek-aspek dalam konstruksi
keilmuan integrasi- interkoneksi yakni, (1) paradigma integrasi- interkoneksi
sebagai sudut pandang (view lens) bagi setiap pengembangan keilmuan di UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebuah paradigma yang memandang keilmuan
dengan keterpaduan dan kesaling- terkaitan antar berbagai disiplin ilmu. (2)
Kerangka dasar keilmuan menjadi desain (design) setiap pengembangan disiplin
keilmuan yang tergambarkan dalam ilustrasi jaring laba-laba di mana al-Qur’an
dan al-Hadits menjadi pusat pusaran, dan diikuti lapis- lapis berikutnya sebagai
pengembangan keilmuan dari hasil interpretasi al-Qur’an dan al-Hadits dengan
metode hermeneutik. (3) entitas keilmuan yang terdiri dari hadharah an-nash,
hadharah al’ilm, dan hadharah al-falsafah yang dimaknai sebagai peradaban
berkemajuan dan merupakan pilar penyangga (stanchion) setiap disiplin keilmuan
serta menjadi entitas yang harus ada dalam pengembangan ilmu dengan
paradigma integrasi- interkoneksi.(4) Aspek filosofis menjadi fisik dari konstruksi
(body of building) yang terdiri dari; ontologi, epistemologi, dan aksiologi.
Ontologi sebagai pondasi keilmuan (foundation), epistemologi sebagai dinding
yang membentuk ruang keilmuan (wall of building), dan aksiologi sebagai atap
(roof of building) menjadikan ruang dan bangunan keilmuan tersebut bisa
memberi manfaat. (5) Model kajian integrasi- interkoneksi sebagai pintu masuk
(entrance) untuk memasuki ruang konstruksi keilmuan integrasi- interkoneksi UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Temuan ini memberikan manfaat inspirasi bagi Perguruan Tinggi Islam agar
memiliki konsep dan corak eistemologi keilmuan sendiri sebagai ciri khas dan
yang menjiwai setiap aktivitas keilmuan maupun akademik di Kampusnya. Juga
vii
memberikan stimulus bagi pengembangan khasanah keilmuan Islam nondikotomis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Integrasi-Interkoneksi; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:27
Last Modified: 10 Dec 2013 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics