Pengaruh regulasi diri dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek siswa siswi MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara

Aziroh, Leny Fatkhiyatul (2018) Pengaruh regulasi diri dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek siswa siswi MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 134411014.pdf]
Preview
Text
134411014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan, regulasi diri sangat dibutuhkan siswa siswi agar mampu belajar dengan maksimal, siswa siswi mampu mengamati, mempertimbangkan dan memberi ganjaran pada perilakunya sendiri. Regulasi diri digunakan siswa siswi untuk mengatur kebutuhannya, yaitu prestasi. Selain regulasi diri, Untuk mencapai prestasi yang tinggi siswa siswi juga membutuhkan dorongan yang tinggi untuk mencapai prestasi, yaitu motivasi berprestasi. motivasi berprestasi merupakan faktor pendorong untuk meraih atau mencapai sesuatu yang diinginkan agar meraih kesuksesan. Tanpa adanya motivasi berprestasi, siswa siswi tidak mungkin bergerak untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu prestasi yang tinggi. namun, siswa siswi terkadang menggunakan cara yang mudah untuk mendapatkan prestasi yang tinggi tanpa harus belajar, yaitu dengan menyontek. Perilaku menyontek merupakan perilaku yang tidak jujur dalam rangka meraih keuntungan. Alasan siswa siswi melakukan tindakan menyontek bermacam macam, salah satunya karena tuntutan orang tua untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan mereka merasa tidak mampu, sehingga menggunakan jalan pintas, yaitu menyontek. Secara singkat inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek siswa siswi Mts Miftahul Huda Bulungan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik Stratified Random Sampling. Berdasarkan tehnik tersebut diambil sampel sebanyak tiga kelas (VII A, VIII A,IX A) dengan jumlah 111 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan tehnik regresi ganda dengan menggunakan bantuan SPSS (statistical program for social service) versi 16.0 for windows.
Hasil uji hipotesis diperoleh nilai koefisien variabel regulasi diri sebesar -0,281 dengan signifikansi 0,040 (p < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa regulasi diri berpengaruh negatif secara signifikan terhadap perilaku menyontek. Maka hipotesis pertama diterima. Nilai koefisien variabel motivasi berprestasi sebesar -0,575 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berpengaruh negatif secara signifikan terhadap perilaku menyontek. Maka hipotesis kedua diterima. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai F= 59,205 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa regulasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama sama berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa siswi Mts Miftahul Huda Bulungan. Yaitu semakin tinggi regulasi diri dan motivasi berprestasi maka semakin rendah perilaku menyontek. Dengan kategorisasi pada variabel regulasi diri diperoleh 77 dari 111 siswa atau 69,36% termasuk kategori tinggi. dari hasil kategorisasi pada variabel motivasi berprestasi diperoleh 76 dari 111 siswa atau 68,46% termasuk kategori tinggi, sedangkan kategorisasi pada variabel perilaku menyontek diperoleh 66 dari 111 siswa atau 59,45% termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Regulasi diri; Motivasi berprestasi; Perilaku menyontek
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:31
Last Modified: 19 Jun 2021 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics