Unsur-unsur tahdzīb al-akhlāq karya Ibnu Miskawaih pada bimbingan konseling PERMENDIKNAS

Ilmi, Luluq Ulul (2018) Unsur-unsur tahdzīb al-akhlāq karya Ibnu Miskawaih pada bimbingan konseling PERMENDIKNAS. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 124111003.pdf]
Preview
Text
124111003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak dan etika merupakan pertautan antara nilai-nilai dengan kehidupan realitas. Etika harus bisa menjawab tentang dinamika sosial, baik di kalangan atas maupun bawah, orang tua, maupun remaja. Etika Islam dalam kehidupan remaja sangat dibutuhkan guna membentuk karakter diri yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Usia remaja identik dengan masa usia sekolah, yang mana di sekolah tersebut ada pembelajaran yang terkait dengan pendidikan etika yaitu Bimbingan Konseling (BK). Konsep atau teori–teori yang ada dalam BK lebih banyak diambil dari ilmu psikologi. Hal tersebut seharusnya dilengkapi dengan konsep atau teori-teori etika Islam. Teori etika Islam yang relevan dengan pembentukan karakter dalam perspektif psikologi adalah teori etika Ibnu Miskawaih. Teori-teori Ibnu Miskawaih seharusnya bisa dimasukkan ke dalam modul atau kisi-kisi pembelajaran tentang etika di kalangan remaja. Melalui modul BK yang ada di sekolah sebaiknya teori atau konsep etika Islam ini bisa menjadi model etika terapan.
Dalam skripsi ini, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan (library research), pendekatan prosedur atau tata cara memecahkan masalah penelitian dengan mengumpulkan bahan atau data yang akan diteliti yaitu “Unsur-unsur Tahdzīb al-Akhlāq Karya Ibnu Miskawaih pada Bimbingan Konseling Permendiknas”.
Hasil dari penelitian ini, bahwa unsur-unsur kitab Tahdzīb al-Akhlāq karya Ibnu Miskawaih pada Bimbingan Konseling Permendiknas mengenai etika tentang bagaimana seseorang dapat mencapai kebahagiaan tertinggi melalui moral yang sehat. Dengan kata lain, bagaimana beberapa bagian jiwa diharmonikan untuk mencapai kebahagiaan yang berpijak pada pengembangan pembinaan moral dan praktik keseharian dalam bimbingan konseling bagi semua pihak baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat untuk dapat membina anak menjadi orang yang berakhlak. Pada dasarnya, pelaksanaan teori keduanya akan mampu menuntun peserta didik menjadi manusia dewasa secara sosial dan intelektual. Ia menjadi seorang manusia yang dengan kemampuannya memikirkan berbagai persoalan, menentukan suatu keputusan dengan cermat dan bijak, serta mempertanggungjawabkan perbuatan-perbuatannya secara individual dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Etika; Tahdzīb al-Akhlāq; Bimbingan konseling
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:59
Last Modified: 13 Jun 2021 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics