Pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah kelas V di SD Islam Al-Madina Kota Semarang tahun 2016/2017
Ningsih, Wiji Astuti (2017) Pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah kelas V di SD Islam Al-Madina Kota Semarang tahun 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter religius bagi siswa merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua pihak sekolah, baik melalui pembiasaan, pembinaan maupun kegiatan positif lainnya dengan dilakukan secara terus-menerus. Oleh karena itu, dengan adanya hal tersebut perlu adanya pendidikan karakter religius, salah satunya ialah melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu bagaimana pendidikan karakter religius melalui pembiasaan Shalat Dzuhur berjamaah siswa kelas V di SD Islam Al Madina. Jenis penelitian kualitatif lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskripstif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembiasaan shalat dzuhur berjamaah pada dasarnya bertujuan sebagai sarana implementasi materi dalam mata pelajaran Fiqih kelas 2 SD serta untuk membiasakan anak melaksanakan shalat fardhu 5 waktu khususnya shalat dzuhur berjamaah di sekolah, (2) pendidikan karakter religius yang ditanamkan dan ditumbuhkan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah adalah pertama, Siswa berdzikir setelah shalat dzuhur berjamaah, Kedua, Siswa keluar dari mushola menggunakan sandal miliknya, Ketiga, Siswa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah tepat waktu, Keempat, Siswa mengantri ketika berwudhu, Kelima, Siswa membagi waktu untuk shalat dzuhur berjamaah dan jajan di kantin, Keenam, Siswa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah tanpa disuruh, Ketujuh, Siswa mencium tangan guru setelah shalat dzuhur berjamaah, Kedelapan, Siswa berani ditunjuk untuk mengumandangkan adzan, Kesembilan, Siswa berjabat tangan dan bercengkrama dengan teman setelah shalat dzuhur berjamaah, Kesepuluh, Siswa melaksanakan shalat dzuhur berjamaah sesuai dengan syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Shalat dzuhur; Pendidikan agama islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 04:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 02:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8260 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year