Manajemen kurikulum tahfizul qur’an di Pondok Pesantren al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak
Janah, Miftahul (2018) Manajemen kurikulum tahfizul qur’an di Pondok Pesantren al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133311053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu dengan jenis pendidikan lainnya. Pondok pesantren secara luas mengkaji tentang pendidikan agama Islam. Di dalamnya, kita bisa mendapat berbagai ilmu keislaman yang sangat banyak. Santri tidak hanya mengaji di pondok, tetapi juga mengikuti sekolah umum sesuai dengan tingkatnya dan diperlukan sebuah manajemen kurikulum tahfizul Qur’an yang baik pada Pondok pesantren Al-Ma’ruf.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum tahfizul Qur’an di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkumpul terkait manajemen pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok pesantren Al-Ma’ruf Candisari Ma’ruf secara kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1). Perencanaan pembelajaran melalui rencana pelaksanaan dalam pembelajaran. 2). Pelaksanaan pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok pesantren Al-Ma’ruf menggunakan metode sorogan dan muraja’ah, teknik bimbingan dan setor hafalanya bergantian dalam satu ruangan, adapun waktunya adalah pagi hari setelah shalat subuh, dan malam hari setelah shalat isya’, untuk sore hari digunakan untuk mengaji kitab kuning, sarana yang digunakan adalah Al-Qur’an Mushaf Ustmani 3). Evaluasi pembelajaran tahfizul Qur’an di pondok pesantren Al-Ma’ruf di bagi menjadi 3 bagian yaitu: a. Evaluasi harian, b. Evaluasi mingguan, c. Evaluasi bulanan. Adapun aspek yang dinilai yaitu : aspek kelancaran hafalan, tahsinul Qur’an, tajwid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Tahfizul Qur’an; Pondok pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 06:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 06:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8292 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year