Hubungan antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VI MI Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Malikah, Siti Ummi (2018) Hubungan antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VI MI Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911094.pdf]
Preview
Text
133911094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik Kelas VI M.I. Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peran pemilihan pengasuhan yang tepat, yang sangat berperan penting dalam menunjang tingkat kemandirian belajar peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada hubungan positif antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VI M.I. Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang di laksanakan di M.I. Khusnul Khatimah Dukuh Pengkol Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket untuk menjaring data tentang persepsi anak mengenai pola asuh authoritative (variabel X) dan kemandirian belajar peserta didik (variabel Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan objek penelitian sebanyak 20 responden. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu persepsi anak mengenai pola asuh authoritatvie (X) sebagai variabel bebas dan kemandirian belajar (Y) sebagai variabel terikat. Data kedua variabel yang telah didapatkan kemudian dikumpulkan dan diolah untuk mengetahui serta menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.
Pengujian hipotesis penelitian adalah menggunakan teknik korelasi momen tangkar person. Dari hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VI M.I. Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan r_xy hitung = 0,515 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai r_xy tabel pada taraf signifikansi 5 % (0,515 > 4,41). Dengan demikian, hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi: "Ada hubungan positif antara persepsi anak mengenai pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VI M.I. Husnul Khatimah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2017/2018” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Authoritative; Kemandirian belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:28
Last Modified: 29 May 2021 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics