Pengaruh metode Muri-Q (Murattal Irama Qur’an) terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek pada siswa kelas IV MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2017/2018

Hidayah, Lailatul (2018) Pengaruh metode Muri-Q (Murattal Irama Qur’an) terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek pada siswa kelas IV MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911108.pdf]
Preview
Text
133911108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode MURI-Q (Murattal Irama Qur’an) terhadap kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas IV MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “pretest posttest control group design”. Populasi penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 71 siswa terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas IV, nama-nama siswa dan nilai ulangan siswa. Teknik tes diberikan untuk mendapatkan data akhir hasil belajar siswa yang dijadikan untuk pengukuran dalam penelitian.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,18 dan kelas kontrol = 74,49. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh t_hitung = 3,863 sedangkan t_(tabel ) = 1,667 Karena t_hitung > t_tabel, maka H_o ditolak. Kajian ini menunjukan bahwa : rata-rata kemampuan menghafal surah-surah pendek dengan menggunakan metode MURI-Q (Murattal Irama Qur’an) lebih besar dari pada siswa yang menggunakan diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode MURI-Q (Murattal Irama Qur’an) berpengaruh terhadap kemampuan menghafal surah-surah pendek pada siswa kelas IV MI NU 56 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal dari pada metode pembelajaran konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Muri-Q (Murattal Irama Qur’an); Kemampuan menghafal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:31
Last Modified: 29 May 2021 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics