Model pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal

Nuha, Ahmad Ulin (2018) Model pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133111082.pdf]
Preview
Text
133111082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana model pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data model pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Model pendidikan nilai religius di SD Alam Auliya Kendal menggunakan model pembiasaan dan model pendidikan nilai terpadu, model terpadu yaitu model terintegrasi dengan bidang studi dan model ekstrakurikuler. Selain itu pendidikan nilai religius juga terintegrasi dengan kegiatan rutin di sekolah. Model pendidikan nilai jujur di SD Alam Auliya Kendal menggunakan model terintegrasi dengan bidang studi, selain itu juga terintegrasi dengan kegiatan sekolah yang terselenggara melalui program pengembangan diri. Model pendidikan nilai disiplin di SD Alam Auliya Kendal menggunakan model pendidikan nilai terpadu. Selain itu pendidikan nilai disiplin juga terintegrasi dengan kegiatan rutin di sekolah.
Faktor pendukung pendidikan nilai religius, jujur dan disiplin di SD Alam Auliya Kendal dibagi dua diantaranya, Pertama faktor internal, meliputi yayasan, kurikulum, lingkungan sekolah, dan jumlah peserta didik. Kedua faktor eksternal, yaitu orang tua/wali murid, faktor-faktor tersebut mendukung dalam pendidikan nilai di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan; Pendidikan religius; Kejujuran; Kedisiplinan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:05
Last Modified: 29 May 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics