Implementasi pendidikan akhlak pada siswa menengah SMP (Mattayumton) Samakkee Islam Wittaya Satun Selatan Thailand tahun 2017/2018
Nahooda, MR. Isma-al (2018) Implementasi pendidikan akhlak pada siswa menengah SMP (Mattayumton) Samakkee Islam Wittaya Satun Selatan Thailand tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
siswa di sekolah menengah (Mattayumton) Samakkee Islam Wittaya Satun Selatan Thailand ”. Masalah pokok yang diteliti dalam skripsi ini, sebagaimana telah dirumuskan dalam perumuskan masalah yaitu: Pelaksanaan pendidikan akhlak siswa di sekolah menengah Thailand. Bagaimana implementasi pendidikan akhlak pada siswa Sekolah Menengah (Mattayumton) Samakkee Islam Wittaya Satun Selatan Thailand.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian yang dilaksanakan di sekolah SMP Samakkee Islam Wittaya Satun Selatan Thailand pada tahun 2017-2018. Dari analisis tersebut disimpulkan bahwa: 1). Pelaksanaan pendidikan akhlak di sekolah SMP Samakkee Islam Wittaya dilatar belar belakang adanya siswa tidak sopan dalam bertutur kata, dan kurang taati peraturan pelaksanaan pendidikan akhlak melalui pembelajaran agama Islam menggunakan perencanaan pembelajaran, pengelolaan pendidikan, proses pembelajaran, strategi media, sarana prasarana dan evaluasi pendidikan akhlak, sedangkan dalam metode digunakan memahaman, kebiasaan dan ketaladan yang mengandung nilai-nilai akhlak. 2). Bentuk-bentuk pendidikan akhlak dibagi menjadi dua yaitu pertama bentuk cara mendidikan segi mata pembelajaran. Dan kedua bentuk sikap dan perilaku siswa terhadap orang lain. 3). Priku siswa setelah mendapatkan akhlak menunjukkan adanya perubahan pada perilaku yang sesuai dengan cerminan visi, misi dan tujuaan yang cantumkan di sekolah Samakkee Islam Wittaya. Untuk membentuk akhlak yang baik menjadikan kebiasaan akhlak mulia bagi siswa. Seperti sopan santun, bertanggung jawab atas semua perilaku dan perbuat yang baik di sekolah dirumuskan maupun di lingkungan masyarakat. 4). Seorang pendidik dituntut secara aktif dapat mencontohkan akhlak secara nyata kepada siswa seperti akhlak dalam berdo’a, membiasakan mengucap salam dan menjawab salam, membiasakan mengucap terimakasih ketika menerima sesuatu dari orang dekat maupun orang tidak kenal, membiasakan diri dengan aktivitas beribadah dan lain sebagainya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak pada siswa di sekolah SMP Samakkee Islam Wittaya sudah mendidik dengan baik, tetapi secara praktik baik dari segi guru ataupun siswa dilihat kurang baik, untuk meningkatkan pelaksanaan pendidikan akhlak di sekolah, guru mendidik siswa dengan baik dan benar serta menjadi contoh bagi siswanya, sehingga menjadi kebiasaan pada siswa dalam kehidupannya. Siswa diharapkan mampu memperbaiki akhlaknya dalam bersikap dan berperilaku, dari yang kurang baik menjadi lebih baik daripada yang sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak; Pendidikan Islam; Thailand |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 28 Sep 2018 06:57 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 06:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8332 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year