Studi korelasi prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan sikap ukhuwah Islamiah siswa kelas XI SMAN 14 Semarang tahun pelajaran 2017/2018
Santoso, Agus (2018) Studi korelasi prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan sikap ukhuwah Islamiah siswa kelas XI SMAN 14 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133111101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Pendidikan Agama Islam dipandang sebagai salah satu faktor penting dalam menumbuhkan rasa pesaudaraan hinggga terbentuknya sikap ukhuwah Islamiah dalam diri setiap individu. Sejauh ini realitas pendidikan agama Islam yang berlangsung di sekoah, siswa sangat mengedapankan hasil akhir (prestasi) tanpa memperhatikan lebih apa yang dapat diimplementasikan setelah mempelajari pengetahuan-pengetahuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam, mengetahui sikap ukhuwah Islamiah serta mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan sikap ukhuwah Islamiah siswa kelas XI SMAN 14 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 73 siswa dari populasi siswa kelas XI yang berjumlah 299 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis datanya adalah teknik statistik deskriptif, pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan, prestasi belajar PAI Siswa Kelas XI dalam kategori baik.
Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean (rata-rata) sebesar 83,96 yaitu berada pada interval 70-84. Sikap ukhuwah Islamiah siswa dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil mean (rata-rata) sebesar 96,96 yaitu berada pada interval 81-104. Serta terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar PAI dengan sikap ukhuwah Islamiah siswa kelas XI tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,523 lebih besar dari rtabel pada taraf 5% sebesar 0,230. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan Ha diterima.
Dengan melihat hasil penelitian, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak terutama lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan (sekolah) dalam bertugas agar lebih mengenalkan kepada peserta didiknya untuk mengenal realitas yang ada, dan membuatnya mampu menghayati perubahan-perubahannya bagaimana watak dan ciri-cirinya, serta mengenalkan akan metode atau upaya apa yang baik untuk menanganinya permasalahan-permasalahan yang muncul. Dengan demikian, anak didik akan menyadari bahwa segala perubahan itu ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Sikap Ukhuwah Islamiah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 05:47 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 09:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8339 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year