Persepsi siswa tentang metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an santri i’daddy Pondok Pesantren Darussalam, Kemiri, Kec. Subah, Kab. Batang

Ulfiyah, Ulfiyah (2018) Persepsi siswa tentang metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an santri i’daddy Pondok Pesantren Darussalam, Kemiri, Kec. Subah, Kab. Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133111097.pdf]
Preview
Text
133111097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an santri I’daddy Pondok Pesantren Darussalam, Kemiri, Kec. Subah, Kab. Batang?
Metode penelitian ini menggunakan angket dan tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana. Variabel dalam skripsi ini ada 2 macam, yaitu Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan sebagai variabel X dan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri sebagai variabel Y. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 30 santri i’daddy.
Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri, digunakan uji korelasi product moment. Dan diperoleh indeks korelasi 0,470. Karena rxy = 0,470 > rtabel = 0,361 pada taraf signifikansi 5% maka data signifikan. Artinya, hipotesis diterima. Adapun perhitungan koefisien determinan menunjukkan bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan 22,80% terhadap variabel Y.
Kemudian dari perhitungan uji t diperoleh thitung =2,83 > ttabel = 0,36 untuk taraf signifikansi 5% dk = 28, maka pengaruh antara variabel X dan Y dinyatakan signifikan. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi Siswa tentang Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode sorogan; Membaca al-Quran; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 02 Oct 2018 05:15
Last Modified: 02 Oct 2018 05:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics