Pengaruh intensitas mengikuti program takhasus hafalan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2016/2017
Nurjanah, Dewi (2018) Pengaruh intensitas mengikuti program takhasus hafalan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang intensitas mengikuti program takhasus hafalan dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Intensitas Mengikuti Program Takhassus Hafalan di SD Hj Isrtiati Baiturrahman 2 Semarang? 2) Bagaimana Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang? 3) Adakah Pengaruh antara Intensitas Mengikuti Program Takhasus Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini diantaranya adalah 1) Mengetahui Intensitas siswa dalam mengikuti program takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang 2) Mengetahui prestasi belajar PAI kelas V SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang 3) Mengetahui pengaruh antara intensitas mengikuti program takhasus terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner (angket) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis korelasi product moment untuk menganalisis hubungannya. Adapun untuk menganalisis pengaruhnya menggunakan regresi linier sederhana.
Intensitas mengikuti program takhasus hafalan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 memiliki nilai rata-rata 78,05 dan masuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 76 – 78. Kemudian prestasi belajar PAI siswa kelas V memiliki nilai rata-rata 89,98 dan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 87 – 91. Berdasarkan hasil analisis, hubungan antara kedua variable, yakni antara intensitas mengikuti hafalan dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh hasil perhitungan r_hitung=0,477, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variable yang masuk dalam kategori ‘sedang’ (antara variabel X2 terhadap Y). Berdasarkan analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana untuk menentukan pengaruh variabel inensitas mengikuti program takhasus hafalan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Diperoleh hasil persamaan regresi Y = 35,646 + 0,696 X dan hasil varian regresi F_hitung=11,207 >F_tabel=4,098 berarti signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara variable X dan variable Y memunyai hubungan yang signifikan. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara pelaksanaan program takhasus hafalan dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Takhasus; Hafalan Al-Qur'an; Prestasi Belajar; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 05:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 05:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8346 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year