Implementasi Mahãrah Qirã'ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MAN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010)

Mursid, Muhammad Imam (2010) Implementasi Mahãrah Qirã'ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MAN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Mursid_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Mursid_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bab3.pdf] Text
Mursid_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bab4.pdf] Text
Mursid_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Mursid_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Mursid_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (182kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab harus dikelola atau di manajemen yang lebih baik lagi agar proses pembelajaran bahasa Arab mencapai hasil yang optimal. Untuk merealisasikan hal tersebut, implementasi mahãrah qirã’ah dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan kunci keberhasilan pembelajaran bahasa Arab baik di tingkatan madrasah ibtida’iyah maupun sampai pada tingkatan madrasah aliyah. Implementasi Mahãrah Qirã’ah dalam pembelajaran bahasa Arab yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian merupakan kunci keberhasilan dari semua Mahãrah dalam pembelajaran bahasa Arab.
Keterampilan membaca (Mahãrah Qirã’ah) merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekadar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks dengan baik, tetapi merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya dari seorang pembaca untuk dapat memahami teks dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran membaca para siswa perlu dibekali dengan strategi atau teknik membaca yang tepat yang dapat memudahkan mereka dalam memahami teks.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih mendalam tentang proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang terutama dalam implementasi mahãrah qirã’ah dalam mengembangkan keterampilan siswa membaca teks bahasa Arab pada aspek pemahaman yang meliputi; pemahaman informasi dalam teks (isi teks) dan pemahaman ide/pokok kalimat dalam paragraf. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Sebagai bahan pemikiran bagi instansi terkati seperti Kementrian Pendidikan dan Kementrian Agama Republik Indonesia serta stake holder Madrasah Negeri 1 Semarang sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan pengelolaan pembelajaran.
Fokus penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang (b) implementasi pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang, dan (c) penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang itu dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tekhnik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa: studi dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Analisis dan pengolahan data dilakukan dengan cara: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) mengambil simpulan atau verivikasi. Untuk mendapatkan data yang valid, dilakukan triangulasi data dan metode. Artinya data yang sama diungkap dari berbagai sumber dan metode yang berbeda-beda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan proses pembelajaran namun kurang implementatif dalam menyusun administrasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang merupakan kegiatan yang utama dalam semua kegiatan pembelajaran bahasa Arab dalam semua mahãrah atau keterampilan di madrasah tersebut sudah dilaksanakan oleh semua guru bahasa Arab dengan maksimal, namun masih ditemukan oleh peneliti beberapa guru dalam mendidik kurangn maksimal dalam menggali potensi anak didik. 3) Penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang masih bersifat klasikal belum bisa menilai dengan secara individual, sehingga kualitas diri siswa belum bisa diketahui dengan jelas dan cermat. Dan dalam penyusunan saol bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah masih banyak ditemukan soal yang tidak memenuhi kreteria penyusunan soal yang baik dan valid.
Dari hasil penelitian dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut:
Pertama, pada tahap perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah di MAN 1 Semarang perlu dipersiapkan dengan benar dan baik agar para guru dalam menyusun administrasi pembelajarn sesuai dengan kurikulum yang telah digariskan oleh kementrian agama Republik Indonesia, agar tujuan pembelajaran tercapai. Baik tujuan, materi, motode, permainan maupun alat peraga harus dirancang dan direncanakan dengan benar dan baik, agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif.
Kedua, pada tahap implementasi perencanaan pembalajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah, hendaknya memaksimalkan waktu yang tersedia untuk pembelajaran, proses pembelajaran hendaknya merupakan perpaduan antara mata pelajaran dan tekhnik yang terpusat pada pengolahan dan pemecahan masalah, yang dapat menimbulkan daya kreasi dan inovasi siswa.
Ketiga, pada tahap penilaian pembalajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah perlu menenkankan adanya uapaya untuk menggali daya kreasi anak dan pada prinsipnya bahwa pelaksanaan penilaian atau tes adalah lebih sederhana, lebih efektif dan mudah dipahami, baik oleh sesama evaluator maupun oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Maharah Qira'ah; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Dec 2013 07:07
Last Modified: 24 Mar 2014 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics