Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Asam Basa dengan Menggunakan The Learning Cell (Studi Tindakan di Kelas XI MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013)
Suwito, Suwito (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Asam Basa dengan Menggunakan The Learning Cell (Studi Tindakan di Kelas XI MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711039_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (464kB) | Preview
083711039_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083711039_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (179kB) | Preview
083711039_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
083711039_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
083711039_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
083711039_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (22kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kimia menggunakan metode the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok asam basa.
Dari hasil wawancara dengan guru MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo Grobogan, diperoleh keterangan bahwa pembelajaran di sekolah tersebut menggunakan metode ceramah, Penerapan metode ceramah menghasilkan dampak yang kurang baik pada taraf berfikir peserta didik untuk menemukan konsep, mengembangkan pengetahuan, serta kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajarinya dalam memecahkan permasalahan yang dijumpai. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan taraf berfikir, pemahaman konsep serta keaktifan peserta didik.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo Grobogan tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 36 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tin dakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil pengamatan untuk hasil belajar siswa kelas XI MA Nuril Huda dalam pembelajaran kimia materi asam basa dengan mengunakan metode the learning cell, belum baik. Hal ini terlihat pada siklus I, akan tetapi pada siklus II pola pikir peserta didik mulai terlihat adanya peningkatan yang baik sehingga peserta didik dapat mengolah pemikirannya yang dituangkan dalam hasil belajar.
Hasil yang di dapat dari penerapan metode the learning cell, pada siklus I rata-rata belajar peserta didik 66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebesar 82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,8% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi pokok asam basa dengan metode the learning cell meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kimia; Asam Basa; The Learning Cell |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 04:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 04:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/856 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year