Strategi komunikasi dalam program Mutiara Hikmah di Radio Rasika FM
Munir, Misbahul (2018) Strategi komunikasi dalam program Mutiara Hikmah di Radio Rasika FM. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
Misbahul Munir___131211011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini dikarenakan perkembangan media teknologi sangat pesat di dunia khususnya di Indonesia, salah satunya adalah media radio yang sejak dulu tidak pernah lekang oleh waktu. Media radio dianggap menjadi media massa yang sangat ampuh dan penting bagi orang-orang untuk memperoleh atau mendapatkan berita maupun informasi lainnya, hal ini dikarenakan beberapa alasan yang menjadikan media radio memiliki keunikan tersendiri, yaitu actuality, bodystyle, dan sifat lokalitasnya. Berkaitan radio sebagai media dakwah, Radio Rasika Fm memiliki peranan penting dalam perkembangan dan penyiaran dakwah khususnya dalam program Mutiara Hikmah. Program ini berisi nilai-nilai agama dan spiritualitas Islam dan juga berisi kajian tasawuf yang diasuh oleh almarhum K.H.Ahmad Asrori Al Ishaqi yang merupakan pendiri Ponpes Al Fitrah Surabaya. Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam program Mutiara Hikmah di Radio Rasika Fm. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di Radio Rasika Fm yang berada di kota Ungaran kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Analisis ini berguna bagi peneliti untuk menemukan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dalam program Mutiara Hikmah.Hasil dari penelitian ini bahwa secara umum strategi yang digunakan oleh radio Rasika Fm dalam program Mutiara Hikmah adalah menyusun strategi komunikasi dan strategi program. Dalam menyusun strategi komunikasi dapat terlihat dari analisis khalayak yaitu dengan melalui survey membership, penyusunan pesan melalui metode AIDDA, penetapan metode melalui metode redundancy dan canalizing, dan pemilihan media komunikasi dengan menggunakan berbagai macam media untuk menunjang program Mutiara Hikmah agar lebih dikenal oleh khalayak pendengar. Dari segi strategi program yaitu melalui proses perencanaan program siaran, proses produksi dan pembelian program, proses eksekusi program, dan proses pengawasan serta evaluasi program, yang semua itu sangat penting dan dibutuhkan dalam proses penyusunan salah satu programnya yaitu program Mutiara Hikmah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi; Siaran radio |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 01:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 01:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8561 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year