Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Taharah pada BPRS PNM BINAMA Kantor Kas Tembalang

Kurniawati, Okta (2013) Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Taharah pada BPRS PNM BINAMA Kantor Kas Tembalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 102503064_Coverdll.pdf]
Preview
Text
102503064_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 102503064_Bab1.pdf]
Preview
Text
102503064_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 102503064_Bab2.pdf]
Preview
Text
102503064_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 102503064_Bab3.pdf]
Preview
Text
102503064_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 102503064_Bab4.pdf]
Preview
Text
102503064_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 102503064_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
102503064_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Dalam BPRS PNM Binama terdapat tiga produk tabungan yaitu tabungan taharah, tabungan pendidikan, dan tabungan jumroh. Dari ketiga produk tersebut produk tabungan yang digemari nasabah adalah produk tabungan taharah (tabungan harian mudharabah). Akad yang digunakan dalam tabungan taharah adalah akad mudharabah yang dalam kerjasama ini berlaku bagi hasil dihitung berdasarkan rata-rata pengendapan harian. strategi pemasaran yang dilakukan BPRS PNM Binama yaitu dengan sistem jemput bola pada nasabah, dan menggunakan sistem hadiah. strategi pemasaran yang dilakukan BPRS PNM Binama bertujuan untuk menarik para nasabah untuk menabung atau bergabung dalam BPRS PNM Binama. Semakin pentingnya strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan, maka pihak manajemen dapat meningkatkan produk tabungan taharah yang ada di BPRS PNM Binama. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan dalam BPRS PNM Binama dan peneliti ingin mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada BPRS PNM Binama.
Metode penelitian yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif karena penelitian yang dilakukan berdasarkan pada kondisi obyek yang alami. Data-data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian tersebut strategi pemasaran yang dilakukan BPRS PNM Binama yaitu menggunakan prinsip-prinsip pemasaran diantaranya adalah teknik, bauran pemasaran dan value.
Untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran selain menggunakan prinsip-prinsip pemasaran diatas sebaiknya dalam memasarkan produk-produk yang ada di BPRS PNM Binama sebaiknya tidak hanya menggunakan brosur saja, tetapi bisa dengan membuat baleho-baleho, memasang info tentang BPRS PNM Binama di surat kabar dan lainnya, dalam undian yang ada di produk tabungan taharah sebaiknya hadiahnya lebih ditingkatkan guna menarik para nasabah yang lainnya dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah sehingga membuat nasabah menjadi loyal terhadap BPRS PNM Binama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Bank; Tabungan Taharah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:05
Last Modified: 13 Dec 2013 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics