Evaluasi terhadap layanan badal haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Assalamah Kopena Pekalongan tahun 2015-2016
Husna, Arinial (2017) Evaluasi terhadap layanan badal haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Assalamah Kopena Pekalongan tahun 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
full skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang evaluasi terhadap layanan badal haji pada KBIH Assalamah Kopena Pekalongan tahun 2015-2016. Dengan meneliti persoalan itu diharapkan dapat memperoleh gambaran evaluasi layanan badal haji di KBIH Assalamah Kopena Pekalongan. Penelitian ini penting untuk menambah khazanah kekayaan keilmuan kajian manajemen dakwah, khususnya di bidang manajemen haji dan umroh serta diharapkan menjadi salah satu dari sejumlah bahan acuan oleh pemerintah, KBIH, atau masyarakat dalam hal layanan badal haji di KBIH, khususnya KBIH Assalamah Kopena Pekalongan agar semakin baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang penulis butuhkan yaitu gambaran umum atau profil KBIH Assalamah Kopena Pekalongan, layanan badal haji di KBIH, data pemberi amanat, peserta badal haji, dan petugas badal haji, prosedur pendaftaran layanan badal haji, SOP layanan badal haji, serta hak, kewajiban dan tugas koordinator badal haji dan petugas badal haji. Data tersebut digali dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah diperoleh penulis konfirmasikan dengan menggunakan triangulasi. Metode analisis yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa layanan badal haji dalam menyelenggarakan layanan badal haji membutuhkan unsur-unsur yang mendukungnya. Unsur-unsur tersebut selaras dengan unsur-unsur manajemen 6M + I yaitu man, money, methods, materials, market, dan information. Setelah pelaksanaan layanan badal haji selesai, KBIH Assalamah Kopena Pekalongan melakukan evaluasi, maka dari itu KBIH Assalamah Kopena Pekalongan menggunakan model evaluasi sumatif. Adapun indikator-indikator evaluasi layanan badal haji antara lain : Kuota target penerimaan, tarif layanan badal hajii, pengawasan badal haji, dan pelaporan pelaksanaan layanan badal haji. Hasil penelitian menunjukkan KBIH Assalamah Kopena sudah baik dalam melakukan evaluasi, namun ada beberapa indikator yang perlu menjadi bahan perbaikan KBIH khususnya dalam layanan badal haji agar lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Badal haji; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH); Manajemen haji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 06:46 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 06:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8575 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year