Implementasi fungsi pelayanan prima pada nasabah di BMT Walisongo Semarang
Martiani, Leli (2018) Implementasi fungsi pelayanan prima pada nasabah di BMT Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
BMT Walisongo Semarang merupakan lembaga keuangan mikro berbasis Islami berkerja sama dengan lembaga IAIN Walisongo Semarang yang akan menjadi salah satu pioner lembaga keuangan syari’ah dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan ekonomi umat, serta menjadi laboratorium ekonomi syariah bagi civitas akademika Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang.
Proses pelayanan BMT Walisongo berusaha memberikan kemudahan anggota dan calon anggota dalam bertransaksi, yaitu dengan jenis produk akad simpanan yang sesuai keinginan anggota, diantaranya simpanan sukarela (sirela) dan simpanan berjangka (sijangka). Kedua produk ini sangat diminati masyarakat, karena sesuai dengan kondisi ekonomi anggota dan calon anggota. Sedangkan dalam penyaluran pinjaman atau pembiayaan, KSPPS BMT Walisongo menawarkan akad yang sesuai dengan kebutuhan anggota atau calon anggota yaitu murabahah/mudharabah sebagai modal dan ba’i bitsaman ajil untuk investasi.
Dari uraian data yang dimiliki oleh peneliti sebelumnya, dapat disimpulkan bahwasannnya fungsi pelayanan prima di BMT Walisongo Semarang sudah terlaksana dengan baik, tentu saja pihak BMT Walisongo terus berupaya memaksimlakan dalam memberikan pelayanan prima terhadap pelanggannya. Selanjutnya mengenai respon nasabah, dari data yang berhasil dihimpun oleh peneliti baik itu melalui wawancara, maupun observasi menunjukkan bahwa nasabah merasa sangat puas, puas dan hanya beberapa yang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak BMT Walisongo Semarang dengan pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anggota/nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan prima; Manajemen pelayanan; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 06:54 |
Last Modified: | 23 May 2021 03:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8581 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year