Strategi pemasaran produk mudharabah di KSPPS BMT el-Labana Ngaliyan Semarang dalam meningkatkan jumlah anggota : perspektif dakwah

Hidayah, Nurul (2018) Strategi pemasaran produk mudharabah di KSPPS BMT el-Labana Ngaliyan Semarang dalam meningkatkan jumlah anggota : perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131311094_NURUL_HIDAYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_131311094_NURUL_HIDAYAH)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui strategi pemasaran produk mudharabah di KSPPS BMT El-Labana Ngaliyan Semarang dalam meningkatkan jumlah anggota. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT El-Labana Ngaliyan Semarang (3) mengetahui perspektif dakwah dalam pelaksanaan pemasaran produk mudharabah di KSPPS BMT El-Labana Ngaliyan Semarang dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif guna memperoleh pengetahuan secara luas dan mendalam tentang strategi pemasaran produk mudharabah yang digunakan KSPPS BMT El-Labana serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan arsip atau dokumen perusahaan. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai strategi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan KSPPS BMT El-Labana dalam meningkatkan jumlah anggotanya adalah (1) Meluruskan niat (2) Mempunyai macam-macam produk dan produk unggulan (3) Sistem jemput bola (4) Promosi melalui brosur dan spanduk (5) Pendekatan dengan tokoh masyarakat (6) Informasi dari mulut ke mulut (7)Meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat (8) Memberikan layan Payment Point Online Bank (PPOB). Faktor pendukung pelaksanaan strategi pemasaran di KSPPS BMT El-Labana dalam meningkatkan jumlah anggota adalah (1) Lokasi yang strategis (2) Memberikan layanan Payment Point Online Bank (PPOB) (3) Memberikan konsultasi usaha kepada anggota (4) Brosur dan spanduk sebagai media promosi (5) Teknologi yang semakin berkembang (6) Masyarakat sudah banyak yang mulai tertarik untuk menggunakan produk BMT karena sistem operasionalnya berbasis syariah. Faktor penghambat pelaksanaan strategi pemasaran di KSPPS BMT El-Labana dalam meningkatkan jumlah anggota adalah (1) Banyaknya pesaing antar BMT maupun Bank yang melayani usaha mikro (2) Keterbatasan SDM (3) Masih kurangnya promosi melalui media cetak dan media elektronik (4) Masih ada kesan disebagian masyarakat bahwa KSPPS BMT El-Labana pelayanannya hanya untuk orang muslim. Implementasi kegiatan dakwah dalam pendorong strategi pemasaran produk mudharabah dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT El-Labana Ngaliyan Semarang adalah (1) KSPPS BMT El-Labana sebagai lembaga keuangan syariah yang memberikan pembiayaan bagi usaha kecil, mikro dan menengah untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan cara mendorong masyarakat untuk melakukan pengembangan usaha yang produktif agar kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil dapat meningkat (2) tujuan pemasaran produk mudharabah di KSPPS BMT El-Labana bukan semata-mata untuk mencari keuntungan, tetapi mempunyai misi untuk menegakkan syari’at islam khususnya ekonomi syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Mudharabah; Metode dakwah; KSPPS; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:02
Last Modified: 03 Jul 2021 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics