Manajemen pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji di Kementerian Agama kabupaten Semarang tahun 2017
Riyadi, Sugeng (2018) Manajemen pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji di Kementerian Agama kabupaten Semarang tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini disusun oleh Sugeng Riyadi (131311107) yang berjudul “Manajemen Pelayanan Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Semarang Tahun 2017”, merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan pemberangkatan dan pemulangan oleh Kementerian Agama Kabupaten Semarang. (2) untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Semarang Tahun 2017. Adapun untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang menunjukan bahwa manajemen pelayanan yang diterapkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang dimulai dari aktivitas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga swasta. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Semarang antara lain: pemberkasan, pelunasan, pendataan, pembuatan paspor dan pengiriman paspor ke Kementerian Wilayah, pembagian karu dan karom ketua regu dan rombongan, bimbingan manasik haji, pemberian bekal karu karom, pengiriman tas/koper ke Asrama Donohuddan dan proses pelayanan pemberangkatan jamaah haji dan proses pelayanan pemulangan jamaah haji. faktor pendukung dan penghambat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Semarang antara lain: 1. Faktor pendukung pelayanan: Kementerian Agama Kabupaten Semarang bekerjasama dengan beberapa mitra yaitu dengan Dinas kesehatan, Pemerintah kabupaten, polres dan juga pemerintah kecamatan yang senantiasa membantu, berupa anggaran dana dari pusat, adanya pelayanan staf yang professional dan berpengalaman, kembalinya kuota haji seperti semula dan ditambah menjadi 221 ribu jamaah. 2. Faktor penghambat pelayanan antara lain: adanya jamaah yang sakit, keterlambatan jadwal penerbangan pesawat dikarenakan cuaca buruk, jumlah jamaah haji yang mula-mula 777 jamaah kemudian ada yang meninggal 1 didaerahnya dan 6 sakit jadi keseluruhan total berangkat menjadi 770 jamaah, adanya keterlambatan koper dalam pelaksanaan ibadah di Makkah, jadwal pemulangan untuk kloter 16 mengalami kemunduran 1 jam, adanya jamaah haji yang meninggal dunia saaj di Arab Saudi. Secara keseluruhan proses manajemen pelayanan ibadah haji yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang dapat terlaksana dengan baik, meskipun terjadi beberapa masalah yang sempat menjadi kenadala dalam proses pelayanan kepada jamaah Kabupaten Semarang. Namun semua itu dapat diatasi dengan baik melalui kerjasama antar lembaga yang terkait.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pelayanan; Ibadah haji; Jamaah haji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:07 |
Last Modified: | 23 May 2021 04:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8594 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year