Strategi pemasaran pada biro perjalanan PT Fela Tour Travel dalam menghadapi persaingan bisnis antar jasa penyelenggaraan umrah dan haji plus di Kota Demak

Jannah, Eka Nur (2018) Strategi pemasaran pada biro perjalanan PT Fela Tour Travel dalam menghadapi persaingan bisnis antar jasa penyelenggaraan umrah dan haji plus di Kota Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Eka Nur Jannah (131311044) dengan judul “Strategi Pemasaran pada Biro Perjalanan dalam menghadapi Persaingan antar Jasa Penyelenggaraan Umrah dan Haji Plus di kota Demak (Studi Kasus PT Fela Tour Travel)” berangkat dari antusias masyarakat yang tinggi untuk melaksanakan ibadah haji dari tahun ke tahun semakin meningkat menarik minat PT Fela Tour Travel untuk menjadi biro perjalanan penyelenggaraan haji plus dan umroh dengan komitmen melayani setulus hati diharapkan mampu memberikan pembinaan, pelayanan serta perlindungan kepada calon jamaah haji dan umroh. PT Fela Tour Travel yang sejak tahun 2006 berdiri melakukan kemandirian dan di tetapkan sebagai biro perjalanan beraktanotaris pada tahun 2016. Lokasi Kantor yang sangat strategis selain menjadi peluang akan tetapi banyak biro perjalanan penyelenggaraan umroh dan haji plus yang berdiri disekitar PT Fela Tour Travel secara tidak langsung menjadi ancaman. Peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaran produk jasa pada PT Fela Tour Travel dengan studi analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan antar jasa penyelenggaraan haji plus dan umroh melihat dari apa yang menjadi faktor yang mendukung dan menghambat proses pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh dari pemimpin, direktur, pengurus dan jamaah PT Fela Tour Travel kota Demak. Data sekunder adalah buku-buku referensi yang akan melengkapi data yang telah ada. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, telaah dokumen, dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknis analisis data kualitatif dengan menggunakan pendekatan SWOT. Hasil dari penelitian perkembangan PT Fela Tour Travel Demak tidak terlepas dari strategi pemasaran melayani dengan sepenuh hati menjadi Panduan pokok untuk menjadikan PT Fela Tour Travel Demak lebih mandiri dan berkembang. Di samping itu juga menerapkan strategi pemasaran konvensional yang terdiri dari Bauran Pemasaran (marketing mix) dan Analisis SWOT dalam meningkatkan jumlah jamaah dan kesejahteraan masyarakat. Faktor pendukung strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan : (1) Kerjasama antar instansi berjalan dengan baik, (2) Antusias masyarakat yang tinggi untuk melaksanakan umroh dan haji plus, (3) ada landasan hukum yang jelas dari pemerintah, (4) kualitas dan dedikasi penyelenggaraan. Dan yang menjadi faktor penghambat strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan : (1) Takutnya masyarakat untuk memilih biro perjalanan umroh dan haji plus dengan maraknya penipuan, (2) Suara Burung yang buruk tentang PT Fela Tour Travel, (3) belum keluarnya izin haji, (4) Media yang belum terpakai secara optimal dalam pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Biro perjalanan; Manajemen haji dan umrah; Persaingan bisnis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:48
Last Modified: 23 May 2021 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics