Implementasi pendekatan SETS dan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap minat belajar dan keaktifan siswa kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2012/2013

Khusairi, Abdullah (2013) Implementasi pendekatan SETS dan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap minat belajar dan keaktifan siswa kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811001_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811001_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bab1.pdf]
Preview
Text
083811001_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bab2.pdf]
Preview
Text
083811001_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bab3.pdf]
Preview
Text
083811001_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bab4.pdf]
Preview
Text
083811001_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bab5.pdf]
Preview
Text
083811001_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 083811001_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083811001_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) yang dipadukan dengan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi sistem reproduksi manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap minat belajar dan keaktifan siswa. Kajiannya dilatarbelakangi hilangnya identitas atau karakter bangsa ini dikarenakan kurangnya filter terhadap informasi yang diserap oleh generasi muda, maraknya pergaulan bebas, dan perbuatan asusila akibat kurangnya pemahaman tentang sistem reproduksi. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter dan pendekatan SETS agar siswa melek akan sains dan teknologi dan mampu memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan. Selain itu, agar siswa sadar akan pentingnya pemahaman tentang sistem reproduksi. SETS akan menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik karena materi yang diajarkan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Islam Hidayatullah Semarang. Fokus penelitian di kelas XI dengan materi pokok sistem reproduksi manusia. Menggunakan sampel purposif yaitu peneliti memfokuskan pada informan-informan terpilih yang paham dengan kasus untuk studi yang bersifat mendalam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan triangulasi dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran biologi, dan siswa kelas XI SMA Islam Hidayatullah Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi manusia kelas XI semester genap di SMA Islam Hidayatullah tahun ajaran 2012/2013 teridentifikasi 14 nilai karakter yaitu : religius, jujur, kerja keras, gemar membaca, toleransi, rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, peduli sosial, dan peduli lingkungan. Implementasi pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan pendidikan karakter dalam pembelajaran biologi secara keseluruhan menunjukkan hasil yang positif yaitu mampu menarik minat belajar siswa dengan prosentase rata-rata sebesar 84,46 % dan terdapat peningkatan aktivitas siswa meliputi aspek kognitif, konatif, psikomotor, dan afektif pada kisaran 71,23 % - 84,19 % atau dapat dikatakan sebagian besar jumlah siswa aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Science Environment Technology and Society (SETS); Pendidikan Karakter; Metode Pembelajaran; Minat Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:10
Last Modified: 22 May 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics