Manajemen pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara

Afdlila, Milatul (2018) Manajemen pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1600128009_MILATUL_AFDLILA]
Preview
Text (TESIS_1600128009_MILATUL_AFDLILA)
TESIS_1600128009_MILATUL_AFDLILA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Budaya religius adalah segala norma, nilai, aturan, kegiatan, perilaku dan asumsi dasar yang dibentuk dan dibiasakan untuk disampaikan kepada seluruh stakeholder sekolah berlandaskan pada nilai agama. Namun pendidikan di Indonesia lebih banyak dicurahkan pada persoalan kebijakan dan kurikulum serta disibukkan pada upaya pencapaian target prestasi akademis semata sehingga lemahnya pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara?, 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara?, 3) Bagaimana hasil penilaian serta tindak lanjut pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara?, 4) Apa faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan budaya religius di SMK Wikrama 1 Jepara?. SMK Wikrama 1 Jepara dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pengembangan budaya religius di sekolah. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen. Semua data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi yang akan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pengembangan budaya religius dimulai dari kepemimpinan Kepala sekolah dan stakeholder sekolah, Perumusan visi, misi dan tujuan, program budaya religius, Analisis SWOT, Jangka pendek, menengah, panjang, implementasi, dan evaluasi. 2) pelaksanaan pengembangan budaya religius mengusung 5 nilai karakter berbasis agama yang diterapkan dalam kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler, Kegiatan ekstrakurikuler. 3) Evaluasi hasil pengembangan budaya religius diukur dalam BKP dengan penilaian poin berdasarkan penghargaan dan pelanggaran. 4) faktor yang memengaruhi pengembangan budaya religius meliputi: ketentuan berpakaian dan berpenampilan, melakukan kontrol penilaian, kesepamahaman peserta didik, penggunaan simbol, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya religius; Manajemen sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 12 Dec 2018 05:01
Last Modified: 25 Jan 2021 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics