Komodifikasi hijab dalam program acara televisi (analisis semiotik program acara televisi Dua Hijab Trans7)
Nikmah, Aula (2018) Komodifikasi hijab dalam program acara televisi (analisis semiotik program acara televisi Dua Hijab Trans7). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas dan menganalisis bentuk komodifikasi hijab yang dilakukan oleh Dua Hijab Trans7 di dalam tayangannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan kapitalis terhadap keberadaan media massa (dalam hal ini televisi) adalah sebuah industri massa yang dapat memperlancar kepentingan ekonomi dan politik. Kemampuan yang dimiliki televisi dalam menyebarkan informasi secara meluas dimanfaatkan oleh kapitalis untuk membuka jalan bagi praktik komodifikasi dalam mempengaruhi proses komunikasi di dalam masyarakat seperti yang disebut Mosco sebagai praktik sosial. Kapitalisme di dalam media membuat praktik komodifikasi merambah pada program keagamaan dengan mengkomodifikasikan isi konten sebagai komoditas yang menguntungkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk komodifikasi hijab pada program acara Dua Hijab TRANS7?”. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap makna pesan tanda-tanda dari praktik komodifikasi hijab pada tayangan Dua Hijab TRANS7 episode Skirt Parade dan Sweety Sweatshirt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran program acara Dua Hijab tidak hanya sebagai jawaban dari kebutuhan informasi. Visualisasi tanda-tanda yang ditampilkan merupakan proses produksi bagaimana konstruksi hijab dibangun dari orientasi bisnis industrialisasi hijab serta adanya praktik islamisasi produk. Media sebagai pengemas dan pembentuk representasi telah memainkan perannya untuk menciptakan sebuah logika media yang pada akhirnya menjadi pembentuk selera pasar. Hijab telah dijadikan suatu komoditas dimana nilai simbol yang dimiliki berubah menjadi kegiatan konsumsi barang yang menyasar kepada para hijabers serta digunakan sebagai pendongkrak nilai jual produk para pengiklan. Penggunaan atribut agama semacam itu menciptakan ideologi media dimana kegiatan islamisasi produk menjadi daya tarik yang berpotensi untuk membentuk pasar baru di kalangan muslim. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa tayangan Dua Hijab tidak hanya sebagai wadah informasi namun juga sebagai media penyebaran distribusi nilai kapitalis di dalam tayangannya. Konsep hijab yang dikomodifikasikan oleh Dua Hijab merupakan alat dari akumulasi keuntungan yang diperoleh dari para pengiklan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Televisi; Komodifikasi; Hijab; Semiotik; Media dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 05:14 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 05:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8700 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year