Strategi mahasantri Dār al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur’an : analisis bimbingan dan konseling Islam
Mustika, Lintang (2018) Strategi mahasantri Dār al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur’an : analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Lintang Mustika, 1401016019, Strategi Mahasantri Dār Al-Qalam Dalam Mengatasi Problematika Psiko-sosial Menghafal Al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an merupakan perbuatan yang terpuji dan mulia serta bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Namun demikian, menghafal al-Qur’an bukanlah hal yang mudah dan tanpa problematika didalamnya. Problematika menghafal al-Qur’an dialami oleh mahasantri ponpes Dār Al-Qalam, Tanjungsari, Ngaliyan, Semarang. Problematika menghafal al-Qur’an datang dari berbagai aspek diataranya aspek fisik-psikis-sosial-spiritual. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan problematika dari dua aspek yaitu psikis dan sosial. Problematika yang berasal dari psikis maupun sosial menyebabkan mahasantri terhambat dalam mencapai target, baik target simaan dengan pengasuh maupun target khatam (selesai menghafal). Untuk itu, mahasantri pun melakukan strategi-strategi untuk mengatasi problematika tersebut. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja problematika psiko-sosial mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam menghafal al-Qur’an dan bagaimana strategi yang dilakukan mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, data dikumpulkan melalui teknik wawancara yaitu dengan mewawancara mahasantri, mentor, dan pengasuh ponpes Dār Al-Qalam, observasi, dan dokumentasi berupa data simaan. Data primer yang digunakan adalah data simaan mahasantri angkatan 2015-2017 dan wawancara, sedangkan data sekundernya adalah buku, jurnal, skripsi, kamus, dan al-Qur’an terjemah yang berkaitan dengan penelitian ini. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan; Pertama, problematika mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam menghafal al-Qur’an dari aspek psikis diantaranya malas, pesimis, putus asa. Sedangkan dari aspek sosial adalah terbenturnya waktu untuk menghafal al-Qur’an dengan padatnya kegiatan selain menghafal, adanya pengaruh dari teman pondok/teman spesial mahasantri, serta pengaruh media sosial. Kedua, strategi mahasantri dalam mengatasi problematika psikis adalah mencari suasana lain membuat perencanaan atau target ke depan, dan mencari dukungan social. Sedangkan strategi dalam mengatasi problematika dari aspek sosial yaitu dengan pandai-pandai mengatur waktu dan meninggalkan HP ketika agenda yang sesuai dengan fungsi kuratif, preventif dan preservatif dan tujuan bimbingan dan konseling Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an; Bimbingan dan konseling Islam; Psiko-sosial |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 00:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 02:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year