Penggunaan Instagram sebagai media dakwah : studi kasus mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang
Abdul Ghoni, Muhammad Fahmi (2018) Penggunaan Instagram sebagai media dakwah : studi kasus mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penulis tertarik meneliti instagram yang ada dikalangan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang angkatan 2013, yang mana mahasiswa KPI mempelajari berbagai keilmuwan tentang dakwah, disisi lain mahasiswa KPI terdapat konsentrasi Penerbitan dan penyiran (Televisi dan Radio) berbasis dakwah yang mampu dikomparasikan dengan media sosial seperti instagram. dijabarkan dalam satu rumusan masalah, yaitu: bagaimana penggunaan instagram sebagai media dakwah di kalangan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi? Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dalam menggunakan instagram sebagai media dakwah sesuai dengan tipologi interaksi media dengan orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penentuan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposif. Data yang di peroleh dari penelitian ini bahwa dari 93 mahasiswa KPI angkatan 2013, terdapat 84 mahasiswa yang mempunyai akun instagram dan 9 lainya tidak mempunyai. Dari 84 akun tersebut peneliti memilah 7 akun yang didalamnya terdapat konten dakwah. Kemudian 7 akun tersebut dijadikan informan untuk menggali dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah instagram dikalangan mahasiswa KPI sangatlah populer yaitu terdapat 90.3% dari total mahasiswa KPI, namun mayoritas mahasiswa KPI tidak menggunakannya untuk berdakwah meskipun dari semester awal sudah mendapatkan banyak materi tentang ilmu kedakwahan. Dari data diatas terdapat 7 akun yang mana dalam menggunakan instagram dia menjadi seorang da’i atau yang mengunggah pesan dakwah didalam instagram. Meskipun dakwah konten materi yang di upload, mahasiswa KPI tetap menggunakan sesuai 4 tipologi interaksi media dengan orang menurut teori Denis McQuail yaitu: 1) Pengalihan:mahasiswa KPI memanfaatkan dakwah sebagai pengalihan karena adanya kejenuhan atas materi-materi yang seblumnya di unggah yang cenderung kurang manfaat 2) Hubungan Personal: mahasiswa KPI memanfaatkan instagram untuk menasehati. 3) identitas pribadi: apa yang diunggah di media online menjadi sebuah perwakilan identitas 4) Pengawasan melalui informasi: instagram memliki kekurangan dalam mesin pecarian karena hanya dapat mendeteksi nama akun dan tagar, jadi masih bisa di manfaatkan sebagai pengawasan anmun kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Media dakwah; Dakwah melalui Internet; Media sosial |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 03:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 03:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8736 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year