Kegiatan pembelajaran dakwah pondok pesantren salaf dan modern : studi komparasi di Pondok Pesantren al-Musyaffa’ Kampir Kendal dan Pondok Pesantren Modern Selamat Jambearum Kendal
Dinannasiha, Atsna (2018) Kegiatan pembelajaran dakwah pondok pesantren salaf dan modern : studi komparasi di Pondok Pesantren al-Musyaffa’ Kampir Kendal dan Pondok Pesantren Modern Selamat Jambearum Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kegiatan pembelajaran dakwah pondok pesantren Modern dan Salaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al- Musyaffa’ Kampir Kendal dan Pondok Pesantren Modern Selamat Jambearum Kendal)”, merupakan salah satu penelitian yang meneliti serta mambandingkan kegiatan dakwah pondok pesantren Modern dan Salaf yaitu Pondok Pesantren Al-Musyaffa’ Kampir Kendal dan Pondok Pesantren Modern Selamat Jambearum Kendal. Penelitian ini berusaha mengetahui (1) Bagaimana penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dakwah di pondok pesantren Al-Musyaffa’ Kampir Kendal (2) Bagaimana penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dakwah di pondok pesantren modern Selamat Jambearum Kendal (3) Bagaimana analisis perbedaan kegiatan pembelajaran dakwah di pondok pesantren Al- Musyaffa’ Kampir Kendal dan pondok pesantren modern Selamat Jambearum Kendal Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif. Data primer yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari informasi langsung dari pengasuh serta para pengurus pondok pesantren. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui arsip, dokumentasi, visi-misi, struktur organisasi, serta kegiatan-kegiatan yang terdapat di Pondok Pesantren Al-Musyaffa’ Kampir Kendal dan Pondok Pesantren Modern Selamat Jambearum Kendal. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan cara, obeservasi, interview atau wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan (1) Kegiatan pembelajaran dakwah di pondok pesantren Salaf Al-Musyaffa’ yaitu Khitobah, Hadroh (rebana), Sorogan dan Bandongan dan mujahadah. (2) Kegiatan pembelajaran dakwah di pondok pesantren modern Selamat yaitu Khitobah, Hadroh (rebana) dan Sistem Pendidikan Perkelas. (3) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dakwah pondok pesantren modern Selamat ini berbeda dengan pondok pesantren Al-Musyaffa, meskipun secara metode ada kesamaan seperti halnya khitobah dan hadroh (rebbana) akan tetapi secara praktek penyampaian kedua pondok tersebut memiliki perbedaan. Selain dari pada itu perbedaan-perbedaan lain yang menjadi pembeda pada kedua pondok tersebut adalah pondok modern Selamat tidak menggunakan kegaiatan atau metode seperti yang dipakai di pondok pesantren Al-musyaffa’ yaitu sorogan dan bandongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran dakwah; Pondok pesantren; Pondok modern; Pondok salaf |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 03:44 |
Last Modified: | 23 May 2021 02:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8752 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year