Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia
Taufiq, Imam Ahmad (2018) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
IMAM AHMAD TAUFIQ___133111065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Dilatar belakangi dengan merosotnya pendidikan akhlak di lingkungan masyarakat memunculkan berbagai permasalahan yang bersangkutan dengan akhlak mulai mencuat hingga menyebabkan degradasi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dikaji aktualisasinya dengan pendidikan karakter sebagai identitas bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada kitab ta’lim muta’allim karya syeikh az-Zarnuji. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab ta’lim muta’allim? (2) Bagaimana aktualisasi antara nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab ta’lim muta’allim terhadap pendidikan karakter di Indonesia?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab ta’lim muta’allim, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kitab ta’lim muta’allim masih relevan samapai saat ini dengan pendidikan karakter di Indonesia. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalamnya antara lain: 1). Memiliki niat yang baik, 2). Musyawarah, 3). Rasa hormat, 4). Sabar dan tabah, 5). Kerja keras, 6). Meyantuni diri, 7). Bercita-cita tinggi, 8). Sederhana, 9). Saling menasehati, 10). Istifadzah (mengambil pelajaran), 11). Tawakkal. Nilai-nilai pendidkan karakter tersebut akan sangat membantu di dalam mewujudkan tujuan pendidikan karakter di Indonesia . Dengan demikian, diharapkan penelitian ini bisa memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dan karakter untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak; Pendidikan karakter; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 14 Dec 2018 02:05 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 02:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8770 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year