Implementasi pendidikan agama Islam pada 6 aspek perkembangan anak usia dini pada RA An-Naafi’ Mijen Semarang tahun ajaran 2017/2018
Qutsi, Fila Millati (2018) Implementasi pendidikan agama Islam pada 6 aspek perkembangan anak usia dini pada RA An-Naafi’ Mijen Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi pendidikan agama Islam pada 6 aspek perkembangan anak usia dini di RA An-Naafi’ Mijen. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingya metode pembelajaran PAI yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak. Selain itu, pentingnya membangun pondasi kepribadian sejak dini yaitu mengimplementasikan PAI dimana pada anak usia dini termasuk perkembangan nilai agama dan moral pada diri anak sejak dini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi PAI pada 6 aspek perkembangan anak usia dini ? (2) metode apa saja yang digunakan dalam implementasi PAI pada 6 aspek perkembangan anak usia dini ?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif yaitu data-data yang ada berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan agama Islam pada 6 aspek perkembangan anak usia dini yang meliputi perkembangan fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional, dan daya cipta di RA An-Naafi’ Mijen dilaksanakan setiap hari dan sesuai dengan aspek perkembangan. Implementasi tersebut dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, istirahat dan kegiatan penutup. Dimana setiap tahapan tersebut di implementasikan pendidikan agama Islam yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Sedangkan metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan agama Islam sesuai dengan perkembangan anak yaitu metode bernyanyi, metode bermain, metode karyawisata, metode bercerita, metode pembiasaan dan metode keteladanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan agama Islam; Anak usia dini; Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 14 Dec 2018 02:11 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 02:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8774 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year