Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan jamaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arwaniyyah Kudus tahun 2017
Vitasari, Yulia (2018) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan jamaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arwaniyyah Kudus tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Ibadah haji merupakah ibadah yang amat dirindukan umat islam, ibadah haji diselenggarakan oleh pemerintah. Penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah mengalami kompleksitas, sehingga pemerintah kurang siap dalam hal pemberian pelayanan dan bimbingan, hal ini membuka peluang munculnya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Dalam perkembangan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), jumlah KBIH terus bertambah secara pesat. Banyaknya KBIH yang berdiri di Indonesia maka persaingannya akan semakin ketat, sehingga dibutuhkan berbagai strategi untuk bisa berkembang dan memperoleh jamaah. Salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah mengenai pelayanan, karena dengan pelayanan yang berkualitas maka jamaah akan menjadi puas dan menetapkan bimbingan di KBIH tersebut. KBIH Arwaniyyah Kudus merupakan KBIH yang sudah lama berdiri, yaitu dari tahun 1996 dan masih tetap beroperasi sampai sekarang dengan jumlah jamaah yang cukup banyak, maka dari itu menarik untuk meneliti tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Jamaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arwaniyyah Kudus Tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah pada KBIH Arwaniyyah Kudus tahun 2017, untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah KBIH Arwaniyyah Kudus tahun 2017, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan jamaah KBIH Arwaniyyah Kudus tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini menggunakan survai lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah KBIH Arwaniyyah Kudus tahun 2017 yang berjumlah 515 jamaah. Sampel yang digunakan adalah dengan random sampling. Metode penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat ketelitian 0,1 dari jumlah populasi diperoleh sampel 84 jamaah. Variabel X penelitian ini adalah kualitas pelayanan dengan indikator penelitian tangible (kemampuan fisik), reliabiiility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (perhatian) dan Variabel Y penelitian ini adalah kepuasan jamaah dengan indikator penelitian kualitas produk layanan, kualitas pelayanan, emosional, harga bimbingan, dan biaya yang di keluarkan jamaah. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di KBIH Arwaniyyah Kudus tahun 2017 amat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 72,18 yaitu pada interval 64-84 dan kepuasan jamaah juga termasuk dalam kategori amat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 50,67, yaitu pada interval 46-60. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan jamaah sebesar 53,9% dan sisanya sebesar 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. variabel lain lebih dominan sehingga menjadi menarik untuk diteliti oleh peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan; Kepuasan jamaah; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 15 Dec 2018 03:15 |
Last Modified: | 23 May 2021 04:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8789 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year