Peran madrasah diniyah dalam pembinaan akhlaqul karimah : studi deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nahdlotul Wathon Piji, Dawe, Kudus

Maulida, Faza (2018) Peran madrasah diniyah dalam pembinaan akhlaqul karimah : studi deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nahdlotul Wathon Piji, Dawe, Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nahdlotul Wathon dalam pembinaan akhlaqul karimah kepada para santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan krisis akhlak, terutama pada anak-anak usia sekolah. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Madrasah Diniyah Nahdlotul Wathondalam upaya pembinaan akhlak kepada para santri untuk mencegah dan mengurangi permasalahan kaitannya dengan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, para ustadz/guru, para santri/murid dan masyarakat. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlaqul karimah di Madrasah Diniyah. Analisis data menggunakan teknik analisis jenis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa Madrasah Diniyah Nahdlotul Wathon telah berupaya membina akhlaqul karimah para santrinya, hal ini dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, metode pemahaman, yang diimplemantasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas dengan guru memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai akhlaqul karimah. Kedua, metode pembiasaan, direalisasikan dalam aktivitas harian yang dilaksanakan di luar jam pembelajaran, yaitu do’a bersama, muraja’ah kitab dan sholat berjamaah. Hal ini bertujuan agar anak terlatih dan selanjutnya terbiasa untuk berakhlaqul karimah. Ketiga, metode uswatun hasanah(teladan yang baik), yang dipraktikkan oleh para ustadz/guru melalui ucapan/perkataan dan tindakan/perbuatan yang mencerminkan akhlaqul karimah. Keempat, metode Targhib dan Tarhib (pujian dan hukuman), yang diimplementasikan oleh para ustadz/guru agar para santri selalu termotivasi untuk berakhlaqul karimah. Melalui beberapa metode pembinaan akhlak tersebut, maka didapatkan hasil yang signifikan atas akhlak para santri. Sesuai hasil penelitian, hampir semua santri di Madrasah Diniyah Nahdlotul Wathon memiliki akhlaqul karimah, baik itu terhadap Allah, kemudian guru, dan sesama teman di lingkungan Madrasah. Hal ini menjadi bukti bahwa Madrasah Diniyah memiliki peran yang mendukung terciptanya akhlaqul karimah sebagaimana tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Madrasah diniyah; Akhlaqul karimah; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:26
Last Modified: 03 Jul 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8799

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics