Efektifitas metode role playing dengan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak materi akhlaq tercela kepada Allah SWT kelas VII MTs Negeri 6 Kebumen tahun ajaran 2017/2018

Marfuah, Siti (2018) Efektifitas metode role playing dengan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak materi akhlaq tercela kepada Allah SWT kelas VII MTs Negeri 6 Kebumen tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF.pdf]
Preview
Text
PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode Role Playing dengan media video terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII MTs N 6 Kebumen. Dengan tujuan mengetahui apakah metode Role Playing dengan media Video efektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Akhlaq Tercela Kepada Allah Swt kelas VII di M.Ts N 6 Kebumen tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, test, dan dokumentasi. Dengan jumlah sampel 64 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 72,3 dengan Standar deviasi (S) = 7,72 . sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,5 dengan standar deviasi (S) = 7,51. Sehingga analisis data awal diperoleh t_(Hitung )= 0,082 sedangkan t_tabel 1,999. Maka dapat diketahui bahwa hasil dari perhitungan terhadap nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kondisi yang sama, kemudian kedua kelas tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelas kontrol menggunakan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan metode role playing dan media video. Setelah pembelajaran berakhir maka kelas kontrol dan kelas eksperimen di beri posttest dengan soal yang sama. Berdasarkan hasil test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,5 dengan standar deviasi (S) = 4,93. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,4 dengan standar deviasi (S) = 4,391. Sehingga dari analisis diperoleh t_(hitung )= 5,2976 sedangkan t_(tabel )= 1,670. Karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dai pada nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlaq tercela kepada Allah lebih efektif menggunakan metode role playing dengan media video dari pada menggunakan metode konvensional seperti yang diterapkan pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metdoe pembelajaran; Media pembelajaran; Role playing; Video; Aqidah akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:30
Last Modified: 17 Dec 2018 05:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics