Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang

Nangimah, Nurrotun (2018) Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NURROTUN NANGIMAH___NURROTUN NANGIMAH.pdf]
Preview
Text
NURROTUN NANGIMAH___NURROTUN NANGIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Semarang merupakan sekolah negeri yang bukan berlatar belakang agama, akan tetapi susana religiusnya tidak kalah dengan Madrasah Aliyah pada umumnya. Semua itu terbukti dengan danya fenomene siswi putri yang berjilbab dalam jumlah yang banyak, kegiatan sholat dhuha yang berjalan dengan tertib, infaq Jum’at, jamaah sholat jum’at, pembacaan al-Qur’an dan asmaul khusna sebelum pembelajaran, tertibnya sholat dhuhur berjamaah, khataman al-Qur’an dan tertibnya kegiatan kuliah sabtu pagi (KSP). Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1. Bagaimana peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang; 2. Apa saja faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang yaitu: pengajar, pendidik, teladan, motivator, sumber belajar. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang lebih dominan pada faktor ekstern: a. Faktor pendukung: 1). Faktor keluarga atau orang tua yang berperan aktif dalam pendidikan karakter religius siswa. 2). Faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang masih khas dengan kegiatan religi. 3). Lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 4). Sarana prasarana sekolah yang memadai untuk kegiatan keagamaan. b. Faktor penghambat: 1). Terbatasnya waktu mengajar sehingga tidak maksimal mendidik karakter religius siswa. 2). Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti program keagamaan dari sekolah. 3). Sikap dan perilaku siswa yang beragam. 4) semakin canggihnya teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Karakter religius; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:31
Last Modified: 28 Jul 2021 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics