Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Ahlakiyah Semarang pada Materi Pokok Sumber Daya Alam
Chakim, Lutfil (2013) Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Ahlakiyah Semarang pada Materi Pokok Sumber Daya Alam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911034_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083911034_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (766kB) | Preview
083911034_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
083911034_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
083911034_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
083911034_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
083911034_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diartikan suatu tempat mengajar yang menghadapkan peserta didik dengan benda-benda dan peristiwa-peristiwa yang sebenarnya. Dengan demikian peserta didik dapat belajar secara nyata, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena pemanfaatan labratorium alam mempunyai ungsur-ungsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Ahlakiyah Semarang pada materi pokok sumber daya alam.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ahlakiyah Semarang, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, obserfasi dan demonstrasi.Data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,947 dan = 1,68 dengan taraf nyata 5% Karena > maka data tersebut signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis pihak kanan dibandingkan dengan KKM diperoleh thitung = 9,2876 dan ttabel = 1,714 maka penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 6,5. Dengan demikian pembelajaran IPA menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Miftahul Ahlakiyah Semarang pada materi pokok sumber daya alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Lingkungan sebagai Sumber Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 05:57 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 05:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year